Mantapkan Kemampuan Rescuer, Personel Basarnas Ikuti Latihan Heli Rapling

 Mantapkan Kemampuan Rescuer, Personel Basarnas Ikuti Latihan Heli Rapling

MANGUPURA – baliprawara.com

Untuk memantapkan kesiapan para rescuer di medan ketinggian, empat personil Kantor Basarnas Denpasar melakukan latihan Heli rapling di hanggar Kelan, Jimbaran, Selasa (3/3/2020). Teknik heli rapeling ini, biasa digunakan apabila terjadi insiden dalam situasi yang tidak bisa ditempuh jalur darat, seperti misalnya di tebing pegunungan pada kemiringan tertentu, di laut ataupun pada waktu madevac.

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, S.E., M.AP., latihan serupa harus rutin dilakukan dengan memaksimalkan fasilitas yang ada. Sehingga kesempatan tersebut bisa dirasakan seluruh rescuer Basarnas Bali. Pegunaan Heli ini kata dia, akan mempercepat waktu dan efektifitas pergerakan personil. “Kedepannya mereka bisa memahami dari hal-hal dasar terkait evakuasi yang menggunakan helikopter,” ungkapnya.

See also  Tinjau Kawasan Pantai Jerman, Wapres Ma'ruf Amin Dukung UMKM di Bali

Sebelum melakukan latihan, empat crew heli Basarnas BO 105 melakukan pengecekan kesiapan, sebelum ground run dan membawa 3 orang personil. Seorang rescuer lainnya berperan sebagi jumping master. Heli rapeling dilakukan dalam 2 tahap, sekali ground run 2 rescuer diturunkan dari heli menggunakan tali. Satu orang personil disiagakan dibawah untuk memantau pergerakan dari atas. (praw)

See also  Gubernur Koster : Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Denpasar Akan Tetap Dilaksanakan

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *