Gempabumi Tektonik M=4,3 di Barat Daya Jembrana, Dirasakan di Jimbaran

 Gempabumi Tektonik M=4,3 di Barat Daya Jembrana, Dirasakan di Jimbaran

MANGUPURA – baliprawara.com

Kawasan Jimbaran,Kuta Selatan, Badung, Senin (01/3) pukul 21.46.48 WITA, diguncang gempabumi tektonik. Dari hasil analisa BMKG, menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,3. Yang mana, episenternya terletak pada koordinat 8.91 LS dan 114.46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut, pada jarak 64 km BaratDaya Jembrana, Bali,  pada kedalaman 81 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP., mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. “Hasil analisa mekanisme sumber menunjukan gempabumi ini diakibatkan oleh sesar naik dengan kombinasi geser (oblique thrust fault),” katanya melalui siaran persnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di Jimbaran II MMI. Hingga pukul 22:00 WITA, hasil monitoring BMKG, tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. “Kepada masyarakat, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” harapnya mengingatkan. (MBP)

See also  Bangli Diguncang Gempabumi Tektonik M=3.1

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *