KIH Tabanan dengan Spesialisasi yang Cukup Lengkap, Siap Beri Pelayanan Terbaik di Masa Pandemi

 KIH Tabanan dengan Spesialisasi yang Cukup Lengkap, Siap Beri Pelayanan Terbaik di Masa Pandemi

TABANAN – baliprawara.com

Rumah Sakit (RS) Umum Kasih Ibu Tabanan atau Kasih Ibu Hospital (KIH) Tabanan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Tabanan. Bahkan sebagai RS Kelas C, yang beralamat di Jl. Flamboyan No.9 kampung Kodok. Tegal Belodan, Tabanan ini, juga siap melayani pasien warga negara asing.

Menurut Direktur KIH Tabanan, dr. Ni Gusti Ayu Made Sri Pujarini, S.Ked., memasuki masa pandemi Covid-19, tentu menjadi tantangan untuk bisa mengubah cara pikir yang salah atas ketakutan masyarakat untuk datang ke RS. Karena selama ini anggapan masyarakat bahwa RS itu sebagai sumber penularan Covid-19. Padahal kata dia, justru di lingkungan masyarakatlah yang rawan terutama bagi mereka yang tidak taat protokol kesehatan. Untuk di RS, seperti diketahui, setiap orang wajib dengan protokol kesehatan. Bahkan dari baru masuk kawasan, sudah diberlakukan Prokes Ketat.

“Penerapan protokol kesehatan di RS sudah sangat ketat dilakukan seperti halnya di KIH Tabanan. Bahkan sejak awal pandemi merebak, kami di KIH Tabanan juga meniadakan jam berkunjung serta memberlakukan pembatasan penunggu pasien,” katanya, Senin (5/7/2021)

Direktur KIH Tabanan, dr. Ni Gusti Ayu Made Sri Pujarini, S.Ked. (kanan) saat berdiskusi.

Sementara itu, demi keamanan, untuk pasien Covid-19 yang ditangani di KIH Tabanan, perawatannya dipisahkan dengan pasien lain. Mereka ditempatkan di ruang isolasi dan tidak digabung dengan pasien lain. “Pasien kami tentunya sangat nyaman dirawat di ruang isolasi dengan penanganan dan fasilitas memadai,” ucapnya. 

Saat ini kata dr Sri, KIH membuka sebanyak 11 tempat tidur untuk ruang isolasi. Kalaupun harus menambah jumlah tempat tidur, pihaknya juga siap. Tentu hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya memerangi Pandemi Covid-19 serta memberikan pelayanan terbaik.  

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pelayanan di KIH, baik dari sisi kelainan jantung, Penyakit Dalam, Mata, Anak, Kandungan, Bedah Umum, dan penyakit lainnya, KIH Tabanan termasuk  RS swasta dengan pelayanan spesialis yang cukup lengkap. Untuk spesialisasi di KIH Tabanan, sangat lengkap dengan hampir 50 dokter spesialis. Bahkan untuk pasien Hemodialisa (HD) yang terkonfirmasi Covid-19, tetap dilayani untuk cuci darah. Karena di KIH Tabanan juga memiliki HD khusus untuk pasien yang terkonfirmasi.  

 

“Jangan sampai akibat Covid-19, pasien tidak mendapatkan pelayanan cuci darah. Kita ambil tanggung jawab tersebut. Dengan penyediaan layanan khusus ini kita jamin  pelayanan kesehatan untuk pasien KIH Tabanan,” bebernya.

Disamping layanan unggulan yakni layanan HD, KIH Tabanan juga memiliki layanan Bedah Urologi dilengkapi dengan Extracorporeal Shock-Wave Lithotripsy (ESWL) yaitu terapi penghancuran batu ginjal atau batu saluran kemih (ureter) tanpa pembedahan (operasi) dengan menggunakan gelombang kejut sehingga menjadi pecahan halus seperti pasir yang dapat keluar bersamaan air seni. ESWL ini kata dia juga ditanggung oleh JKN. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kalau ada yang mengalami masalah di batu ginjal. Sementara untuk mata, juga ada layanan Phaco untuk operasi katarak,” katanya menjelaskan.

 

Dengan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan satu tahun lebih, untuk masyarakat yang takut datang ke RS, bisa memanfaatkan layanan Home Care seperti layanan di KIH Group. Namun dikatakan layanan Home Care ini tidak ditanggung layanan JKN, serta tidak semua asuransi swasta juga menanggung layanan Home Care ini. Yang mana untuk pelayanan Home Care ini, tim medis dari KIH Tabanan akan mengunjungi tempat tinggal pasien. Tentunya dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap untuk memastikan keamanan pasien dan petugas. 

See also  Ini Kiat Sukses Bengkel Alumni Vokasi Binaan Yayasan AHM di Masa Pandemi

Untuk diketahui, berikut layanan yang disediakan di KIH Tabanan. Seperti Kebidanan dan Kandungan, Anak, Penyakit Dalam, Bedah Umum, THT, Mata, Jantung dan Pembuluh Darah, Bedah Saraf, Bedah Urologi, Saraf, Kulit dan Kelamin, Orthopedi, Gigi,Bedah Umum, Paru, Bedah Tulang, Gizi,Kesehatan Jiwa, Rehabilitasi Medik. (MBP)

 

redaksi

Related post