Prihatin Harga Sayur Anjlok, Made Somya Ajak Petani Tetap Semangat

 Prihatin Harga Sayur Anjlok, Made Somya Ajak Petani Tetap Semangat

Made Somya Putra, SH.,M.H., (dua kanan) saat mendistribusikan paket sayuran kepada wartawan di Kantor DPW IMO (Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Media Online) Bali, Senin 16 Agustua 2021.

DENPASAR – baliprawara.com

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sektor pertanian masih sangat diandalkan dibandingkan sektor pariwisata dan sektor lain. Namun ternyata, kondisi petani, khususnya petani sayuran saat ini sangat memprihatinkan. Karena, di saat panen cukup bagus, ternyata harga sayur malah anjlok.

Menurut Pengacara, Made Somya Putra, SH.,M.H., musim panen sayuran saat ini, cukup bagus, namun sayangnya harga pasar justru jatuh. Kondisi ini membuat para petani menjadi merugi.

“Seperti labu siam misalnya, harganya Rp 300 per kilo. Satu ton hanya Rp300 ribu. Terung juga tak beda jauh harganya,” kata Somya bernada prihatin. 

 

Karena itulah, dirinya kemudian bekerja sama dengan petani dan relawan, berusaha bisa membantu dan mendorong agar petani tetap semangat. “Agar petani tak terlalu rugi, kita bantu menyalurkannya kepada warga yang membutuhkan di tengah situasi sulit saat ini akibat dampak pandemi,” ujar Somya saat mendistribusikan paket sayuran kepada wartawan di Kantor DPW IMO (Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Media Online) Bali, Senin 16 Agustua 2021.

Sebelumnya Somya juga menyalurkan ratusan paket sayuran kepada warga di beberapa kabupaten. Kegiatan ini kata dia, akan terus dilakukan. Apalagi dukungan petani dan relawan untuk berbagi semakin meluas. Yang membanggakan, tambah Somya, apa yang dilakukan ini banyak menginspirasi petani lain. Mereka juga ikut peduli menyisihkan sebagian hasil panennya untuk disumbangkan kepada warga yang membutuhkan.

See also  Penyelenggaraan Matrikulasi Prodi Pascasarjana FH UNUD Tahun 2023

“Jadi jangan karena keterbatasan uang kita sulit berbagi. Mari bersedekah seberapa keikhlasan yang bisa kita lakukan,” jelas Somya yang merupakan pengacara asal Sukawana Kintamani Bangli ini.

 

Sementara itu, atas bantuan sembako bagi rekan wartawan tersebut, Sekretaris DPW IMO Bali Nyoman Adhy Irawan mengapresiasi perhatian yang diberikan Made Somya bersama LBH Panarajon kepada rekan-rekan wartawan, khususnya yang terhimpun di media anggota DPW IMO Bali. Untuk selanjutnya, bantuan sembako yang diberikan, akan disalurkan kepada rekan-rekan wartawan dari media anggota DPW IMO Bali.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan Pak Made Somya dan LBH Panarajon bagi rekan-rekan wartawan. Bantuan yang diberikan selanjutnya kita salurkan kepada awak media anggota DPW IMO Bali, saat ini anggota kita ada 17 media, masing-masing media rata-rata personilnya 3-5 wartawan,” tandasnya. (MBP)

 

redaksi

Related post