Lepas 99 Tukik, Hotel Nikko Bali Benoa Beach Dukung Pelestarian Lingkungan

MANGUPURA – baliprawara.com

Hotel Nikko Bali Benoa Beach, yang merupakan destinasi tropis ideal di Pantai Tanjung Benoa, terus berupaya untuk ikut melestarikan lingkungan. Seperti yang dilakukan, Jumat 27 Agustus 2021, manajemen Hotel Nikko Bali Benoa Beach, melepaskan sebanyak 99 bayi Penyu atau Tukik ke laut lepas di area Pantai Benoa. Aksi ini merupakan salah satu program keberlanjutan resor, dalam merespon pelestarian alam, khususnya di Bali. 

Sebelum dilakukan pelepasan Tukik, pihak hotel menggelar upacara persembahyangan sesuai adat Bali. Usai persembahyangan, seluruh manajemen secara bergantian melakukan pelepasan tukik ke alam bebas. 

 

Sebanyak 99 Tukik ini, sebelumnya lahir dari 118 telur penyu yang ditemukan pihak Hotel pada 12 Agustus yang lalu, di pantai tepat di depan resor. Pasca ditemukannya telur ini, kemudian pihak Hotel mengumpulkan dan menguburnya ke dalam pasir dengan penulisan tanggal. Yang mana, dibutuhkan sekitar 45 hari sampai telur-telur tersebut menetas. Namun ternyata telur-telur tersebut menetas lebih awal dari perkiraan.

“Kami menemukan 118 telur penyu pada 12 Agustus yang lalu dipantai ini yang tepat depan resor kami. Kemudian kami kumpulkan dan menguburnya ke dalam pasir,” ungkap Masaya Hasebe, General Manager Hotel Nikko Bali Benoa Beach, disela pelepasan Tukik.

 

Dia menambahkan, Penyu-penyu memiliki naluri yang kuat dalam menentukan lokasi dan penelusuran, itu terbukti dengan kembalinya si ibu penyu untuk menempatkan telur-telurnya di pantai ini lagi setelah penemuan pertama pada tahun 2018 yang lalu. 

Makna spiritual kura-kura adalah menemukan cara untuk maju dan menjalani masa-masa berat. Juga melambangkan umur panjang, ketekunan, ketabahan, perlindungan, retret, penyembuhan, ketenangan, Bumi, dan transformasi. “Kami senang dipercaya oleh naluri mereka untuk melestarikan dan memantau telur-telurnya hingga dilepaskan kembali ke laut lepas,” ucapnya.

 

Acara pelepasan penyu tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Agus Budi Santoso, tamu-tamu resor, dan juga warga sekitar. Manajemen resor juga berencana untuk lebih memperluas program keberlanjutan untuk mencapai lebih banyak tindakan untuk menyelamatkan planet ini.

Hotel Nikko Bali Benoa Beach yang merupakan destinasi tropis ideal di Pantai Tanjung Benoa. Selain perpaduan unik dan selaras antara tradisi budaya Jepang dan keramahtamahan khas Bali, Hotel Nikko Bali juga menawarkan 188 kamar dan suite yang luas, yang terbagi dalam 9 kategori, termasuk rooftop suites dengan pemandangan Samudera Hindia. Lengkapi liburan Anda dengan kuliner di 4 restoran dan 3 bar unik yang menyediakan sajian Barat, Italia, Asia, Bali, dan Jepang, serta kolam renang luas dengan swim-up bar, dan fasilitas spa. Hotel Nikko Bali menyediakan ruang pertemuan dan tempat terbuka yang sesuai untuk perayaan seperti pesta pernikahan, resepsi, dan acara sosial lainnya. (MBP1)

 

redaksi

Related post