Aksi Pelestarian Lingkungan, Mensos Risma Ingatkan Manfaat Mangrove

 Aksi Pelestarian Lingkungan, Mensos Risma Ingatkan Manfaat Mangrove

MANGUPURA – baliprawara.com

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Dr Ir Tri Rismaharini MT., atau akrab disapa Risma, mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama, menjaga kelestarian hutan mangrove. Karena menurutnya, keberadaan hutan mangrove ini, sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Sejumlah manfaat yang bisa didapat menurut Risma yakni, pertama, adalah sebagai semacam benteng pencegah abrasi. Karenanya, sebagai negara kepulauan, Indonesia dirasa sangat membutuhkan kelestarian hutan mangrove. “Kita negara kepulauan, maka akan sangat rentan jika kita tidak melakukan perawatan dengan cara menanam mangrove,” kata Mensos Risma, serta hadir dalam kegiatan tanam bibit mangrove di pesisir Telaga Waja, Tanjung Benoa, Minggu 23 Januari 2022.

Lebih lanjut kata Risma, untuk manfaat kedua, yakni sebagai penahan kecepatan angin. Karena diketahui, mangrove adalah tumbuhan air payau yang memiliki akar sangat kuat. “Akarnya yang sangat kuat, sehingga dia bisa menahan angin dan melindungi rumah-rumah ataupun bangunan lain yang ada di sekitar,” jelas Risma yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bagian Kebudayaan 

 

Sementara, untuk manfaat ketiga, adalah sebagai pemasok kebutuhan oksigen. Karena diketahui, mangrove merupakan tanaman penghasil oksigen yang sangat baik. “Mangrove adalah salah satu tanaman penghasil oksigen cukup tinggi, dibandingkan tanaman lainnya. Dengan menjaga kelestariannya, tentu akan sangat berpengaruh kepada kualitas oksigen kita,” sebutnya.

Keempat, mangrove katanya merupakan tempat berkembangbiak atau berpijahnya biota laut seperti ikan.  “Nah, itupah sejumlah alasan kenapa mangrove menjadi penting di negara kita,” ucapnya. 

See also  Empat Mahasiswa FKP Unud Lolos Seleksi Student Exchange ke Kwansei Gakuin University Jepang

Lebih lanjut disampaikan Risma, kegiatan penanaman bibit mangrove ini, sekaligus sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang ke-75. Dan dipilihnya aksi pelestarian lingkungan, adalah dengan maksud menjalankan sustainable pembangunan secara baik. “Dengan demikian maka masyarakat juga bisa menikmati kenyamanan, oleh terawatnya kondisi bumi,” ucapnya. 

 

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung I Putu Parwata juga menyampaikan hal serupa. Kata dia, aksi penghijauan itu adalah dalam rangka HUT PDI Perjuangan ke-49 dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke-75. 

“Ibu (Megawati) sangat concern sekali memerintahkan kita sebagai kader partai, soal bagaimana kita merawat pertiwi ini, dekat dengan lingkungan, serta memberikan teladan yang baik dan bisa ditiru oleh masyarakat. Karena itulah pada hari ini kita melaksanakan perintah Ibu Megawati, dengan harapan semoga Ibu bisa senantiasa diberikan kekuatan, sehingga kita semua bisa melanjutkan cita-cita bangsa. Dengan demikian kita harus selalu mendekatkan diri kepada alam. Alam ini harus dijaga, karena alam inilah yang melindungi kita,” sebut pria yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Badung itu, menuturkan aksi penghijauan yang katanya dilaksanakan secara serentak pada sejumlah lokasi di Bali ataupun Indonesia tersebut. 

Di pesisir Telaga Waja sendiri, katanya ada ribuan bibit mangrove yang ditanam kaitan kegiatan tersebut. Pelaksanaannya, melibatkan para kader partai di Kabupaten Badung. (MBP)

 

redaksi

Related post