Arus Lalin di Kawasan Puri Carangsari akan Direkayasa saat Tawur Agung Kesanga

 Arus Lalin di Kawasan Puri Carangsari akan Direkayasa saat Tawur Agung Kesanga

MANGUPURA – baliprawara.com

Pengalihan atau rekayasa Lalu Lintas (lalin) di kawasan Puri Carangsari, akan mulai diberlakukan pada Selasa 01 – Rabu 02 Maret 2022. Pengalihan ini dilakukan sehubungan akan dilaksanakannya upacara Tawur Agung Kesanga Kabupaten Badung yang berlokasi di Catus Pata Bencingah Puri Carangsari, Petang Rabu 2 Maret 2022.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, I Gede Eka Sudarwitha, memimpin rapat koordinasi (Rakor), di Ruang Nayaka Gosana III, Puspem Badung, Kamis 13 Januari 2022, terkait Tawur Kesanga, sudah diputuskan dilaksanakan di Catus Pata Desa Adat Carangsari Petang. Pelaksanaannya nanti kata dia, tetap dengan menerapkan protokol Kesehatan secara ketat. “Hal yang terpenting pelaksanaan tawur ini dalam situasi pademi Covid-19. Kami juga menekankan dimana dalam pelaksanaan tawur ini agar benar-benar mengedepankan protokol Kesehatan,” ungkapnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha mengatakan, upacara Tawur Kesanga/Pecaruan meliputi upacara Tawur Agung Kabupaten Badung dilaksanakan di Catus Pata, Kecamatan Petang yakni Perempatan Agung Desa Adat Carangsari yang lokasinya di Jaba Puri Agung Carangsari. Upacara Tawur dimaksud, dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung bersama Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Badung dan Majelis Desa Adat Kabupaten Badung pada hari Buda Paing Wayang, 2 Maret 2022, pukul 12.00 wita. 

Bagi Desa Adat yang wilayahnya berada di ibukota kecamatan yakni Desa Adat Petang, Desa Adat Blahkiuh, Desa Adat Mengwi, Desa Adat Kerobokan, Desa Adat Kuta, Desa Adat Jimbaran, pelaksanaan upacara tawur memakai upacara Caru Panca Sanak yaitu dengan lima ekor ayam (panca Sata) ditambah itik belang kalung beserta kelengkapanya atau sesuai dengan kemampuan (manut dresta) yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 2 Maret 2022, pukul 16.00 wita, dengan lokasi di Catus Pata Kecamatan setempat. 

See also  Persembahyangan Tawur Agung Kesanga di Pura Catus Pata Kota Tabanan

Adapun ruas jalan yang akan direkayasa diantaranya, arus lalu lintas di jalan I Gusti Ngurah Rai dari arah utara akan dialihkan ke timur menuju Jalan Mangut – Jalan Tukad Ayung XI. Begitu pula Arus Lalu Lintas Jalan I Gusti Ngurah Rai dari arah selatan akan dialihkan ke barat menuju Jalan Tukad Penet VI. Demi kelancaran Acara dan Arus Lalu Lintas, masyarakat yang melintas kami himbau dan kami mohon agar mematuhi rambu dan arahan petugas.  (MBP)

 

redaksi

Related post