Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning

 Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning

MANGUPURA – baliprawara.com

Bertepatan dengan Hari Raya Saraswati berlangsung upacara Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning yang dipuput oleh Jero Mangku Dalem Surya Sembung Sobangan, bertempat di Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi, Sabtu 26 Maret 2022. Karya ini dihadiri langsung oleh Bupati Badung yang diwakili  oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha. Turut hadir Anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, I Gede Suardika, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Bongkasa Pertiwi I Made Suarjana, Bendesa Bongkasa dan masyarakat setempat.

Sekda Badung Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, upacara Karya Nyatur di Pura Dalem Surya di Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi sudah berjalan dengan lancar. Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi dan senang pelaksanaan karya berjalan dengan baik.

”Dengan terlaksananya upacara ini, kami Pemerintah Kabupaten Badung ikut senang, dan mendoakan sekaligus menyaksikan pelaksanaan upacara Karya Nyatur ini sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya upacara ini, kita semua diberikan kesehatan, keselamatan dan kerahayuan. Dalam keadaan situasi pandemi Covid-19, saya minta kepada semua masyarakat di wilayah Badung khususnya di Desa Bongkasa Pertiwi agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Disamping itu pihaknya mengajak semua masyarakat khususnya di wilayah Badung, untuk tetap menjaga dengan baik persatuan dan kesatuan sesama masyarakat,” ungkapnya,

 

Sementara itu Manggala Karya I Wayan Martana dalam sambutanya mengatakan, pemaksan Pura Dalem Surya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Sekda Badung beserta jajaran yang sudah ikut hadir untuk menyaksikan upacara Karya Nyatur ini. “Hari ini kami sedang melaksanakan upacara pecaruan, dan puncak karya dilaksanakan pada Rahina Buda Kliwon Wuku Sinta tanggal 30 Maret 2022. Upacara yadnya ini sudah dilaksanakan mulai dari rahina Wrespati Pahing, Wuku Dukut tanggal (17/3) yang lalu. Setelah puncak karya besoknya pada rahina Wraspati Umanis Wuku Sinta tanggal 31 Maret akan dilaksanakan upacara metatah yang diikuti 25 orang, dilanjutkan pada rahina Sukra Pahing Wuku Sinta tanggal 1 april dilaksanakan upacara mepetik sebanyak 14 orang. Sebelum puncak acara Ida Bhatara melasti/mesuci di pantai Batu Bolong. Karya akan mesineb pada rahina Saniscara Pon Wuku Sinta tanggal 2 April mendatang,” terangnya.

Seusai melakukan persembahyangan bersama dengan masyarakat setempat, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menyerahkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 225 Juta yang diterima Manggala Karya I Wayan Martana. (MBP)

 

redaksi

Related post