Masyarakat Diminta Waspada Cuaca Ekstrim akibat Peralihan Musim

 Masyarakat Diminta Waspada Cuaca Ekstrim akibat Peralihan Musim

Penanganan pohon tumbang di jalan Dewi Sri Kuta.

MANGUPURA – baliprawara.com

Cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Badung, Bali, Kamis 26 Mei 2022, mengakibatkan jalan sepanjang jalan Kartika Plaza tergenang air. Tak hanya itu, sebuah pohon perindang juga tumbang menimpa kendaraan yang parkir di depannya.

Terkait cuaca ekstrim ini, Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya mengungkapkan bahwa, Bali saat ini sedang memasuki periode peralihan musim atau pancaroba, Indeks ENSO di NINO 3.4 adalah -0.66. Faktor ini secara signifikan meningkatkan potensi hujan di Indonesia termasuk wilayah Bali. 

Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali kata dia, berkisar antara 29 – 31 derajat Celcius. “Suhu muka laut yang hangat, dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air di wilayah Bali. Massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 200 mb (12.000 m),” bebernya. 

Karena Bali masih berada pada masa peralihan ke musim kemarau, maka hujan dengan durasi singkat, sporadis, dan lokal, diprakirakan masih berpotensi terjadi. Un@@@Atuk itu, masyarakat diharapkan tetap waspada terkait kondisi cuaca ini.(MBP)

 

See also  103 Meninggal Dunia Pasca Gempa Kabupaten Cianjur

redaksi

Related post