Wisuda ke-70 Unwar Lepas 1.332 Wisudawan, 81% Lulus Tepat Waktu

 Wisuda ke-70 Unwar Lepas 1.332 Wisudawan, 81% Lulus Tepat Waktu

Rektor Universitas Warmadewa, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. (berdiri ditengah)

DENPASAR – Baliprawara.com

Universitas Warmadewa (Unwar) melepas 1.332 wisudawan pada Wisuda ke-70 dan Dies Natalis ke-38 yang digelar Sabtu, 17 September 2022. Rektor Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., bertekad menjadikan Universitas Warmadewa  sebagai tempat mengasah kecerdasan otak, menggodok kematangan emosi, dan memupuk keluhuran karakter, demikian dikatakannya saat jumpa wartawan di Kampus Unwar, Jumat (16/09/2022).

Rektor menyampaikan jumlah lulusan yang akan diwisuda berjumlah 1332 orang yang terdiri dari Program Sarjana sebanyak 1240 orang dengan rincian Fakultas Ekonomi: 616 orang, Fakultas Hukum: 133 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: 37 orang, Fakultas Sastra: 66 orang, Fakultas Pertanian: 50 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan: 237 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 101 orang, dan Program Pascasarjana 92 orang.

“Dari jumlah lususan ini untuk Program Sarjana yang lulus tepat waktu sebanyak 1016 orang (81,94%) dan yang mempunyai Indek Prestasi diatas 3,25 sebanyak 1080 orang (87,10 %) dan untuk Pasacasarjana yang lulus tepat waktu sebanyak 80 orang (86,96%), dan yang mempunyai Indek Prestasi diatas 3,5 sebanyak 87 orang (94.57 %) serta penyelesaian tugas akhir untuk semua program selama 6 bulan sebanyak 963 orang (73.34%),” jelasnya.

“Hasil Tracer study tahun 2022, masa tunggu 4.29 bulan, yang mendapat pekerjaan 71.16%, sebagai Wiraswasta 9,9 %, dan rata-rata gaji pertama Rp. 3.300.605,- ini sudah mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemdikbudristek,” tambahnya.

Rektor juga menjelaskan bahwa Universitas Warmadewa juga baru selesai melaksanakan tahapan sistem penerimaan mahasiswa baru, tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah pendaftar sebanyak 4994 orang dan yang diterima sebanyak 3120 orang. Sedangkan pendaftaran program S2 dan S3 masih berlangsung, sehingga dengan masuknya mahasiswa baru ini maka jumlah mahasiswa aktif pada semester ganjil tahun 2022/2023 ini sebanyak 12.939 orang.

See also  Audiensi ke Gubernur, Rektor Unud Harapkan Ada Armada Bus ke Kampus Jimbaran

 

Untuk mendukung penguatan akademik juga dilakukan penguatan dari sisi sistem dalam mewujudkan Good University Governance (GUG). Sistem ini disebut SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu) yang berkembang menjadi 11 sistem Informasi yaitu: SIM-Akademik (SIMAK), SIM-Kemahasiswaan (SIMSISWA), SIM-Keuangan (SIMKEU), SIM-Kepegawaian (SIMPEG), SIM-Sarana/Prasarana (SIMSARANA) dan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi (SIAPTI), SIM-Berkas, SIM-Surat,  SIM-Kegiatan, Sistem Akredirasi Program Studi (SIAPRI) dan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SILIMAS).

“Jadi semua kegiatan di Universitas Warmadewa bisa diakses secara online dengan dukungan teknologi tinggi dan  disediakan bandwidth internet sebesar 1000 Mbps atau sebesar 1 (satu) Gigabyte.,” papar Rektor.

Selain infrastruktur dan sistem, Unwar juga melakukan penguatan kapasitas SDM dosen. Para dosen diberikan beasiswa menempuh S3 setiap tahun yang bersumber dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan yang disusun secara bersama antara Rektorat dengan Yayasan. Jumlah dosen Universitas Warmadewa saat ini sebanyak 446 orang dengan kualifikasi akademik S3 126 orang (28,25%) dan sisanya S2, dari jumlah tersebut 15 orang Guru Besar, 129 Lektor Kepala,  sisanya Lektor dan Asisten Ahli 203 orang, serta dosen baru 99 orang, serta yang masih studi S3 sebanyak. 72 orang dan didukung oleh 51 tenaga kependidikan.

Tahun 2022 ini jumlah mahasiswa yang inbound ke Universitas Warmadewa 141 orang yang berasal dari 75 Perguruan Tinggi di Indonesia, sedangkan yang outbond 22 orang ke 15 Perguruan Tinggi di Indonesia. Disamping itu ada 2 orang mahasiswa yang lolos Program Indonesia Internasional Student Mobility Award (IISMA), atas nama: Chusnul Isnainy dari Sastra Inggris ke Prince of Songkla University, Thailand dan Demita Ayu Prabandari dari Pendidikan Dokter ke Universitat Pompeu Fabra, Bercelona Spanyol. Disamping itu menuju internasionalisasi terus diupayakan dan terbukti saat ini ada mahasiswa asing (inbound mobility) sebanyak 81 orang baik yang paruh waktu dan penuh waktu. Mahasiswa ini berasal dari Tomor Leste, Denmark, Amerika, Australia, Perancis, Netherland, Sweden, Germany.

See also  Pemlaspasan dan Penandatanganan Prasasti di Bukanya Wish School

“Ini membuktikan bahwa Universitas Warmadewa sudah dikenal di tataran internasional, walaupun demikian upaya percepatan untuk pencapaian Visi Global tahun 2034 terus diupayakan dengan berbagai langkah stategis sesuai dengan Roadmap pada Rencana Induk Pengembangan (RIP),” ujar Rektor Unwar.

 

Sementara itu Sementara itu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dalam sambutannya, menyatakan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan lembaga Universitas Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi yang unggul, dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan visi Universitas “bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global pada tahun 2034”.

Dengan berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber-sumber pendanaan yang dapat mendukung kinerja dan kualitas pelayanan, melalui sistem penjamin mutu internal maupun eksternal, dengan di dukung Sistem Informasi Manajemen berbasis Informasi Teknologi secara online.

Kepada para wisudawan, Anak Agung Gede Oka Wisnumurti berharap mereka menjadi sarjana yang berkarakter sapta bayu, kritical thinking, cerdas, inovatif, solutif dan profesional. Hanya dengan keunggulan yang saudara miliki, Saudara akan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. Keberhasilan hari ini, hanyalah tujuan antara, tujuan sesungguhnya adalah menjadikan ilmu dan skill yang “Saudara dapatkan berguna bagi banyak orang menuju “Moksartham Jagadhita”. Jadilah yang terbaik, jadilah yang terdepan dan jadilah insan yang berguna.” tutupnya. (MBP)

 

tim redaksi

Related post