Delegasi dan Kepala Negara G20 Dijadwalkan Mulai Datang 13 November

 Delegasi dan Kepala Negara G20 Dijadwalkan Mulai Datang 13 November

Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali.

MANGUPURA – baliprawara.com

Puncak KTT G20, akan digelar pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua. Pertemuan ini, dipastikan akan dihadiri para pimpinan negara anggota G20. Yang mana, dari jadwal yang ada, para delegasi dan Kepala Negara anggota G20 ini, akan mulai berdatangan tanggal 13 November 2022.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, kedatangan Kepala Negara anggota G20 paling banyak, akan terjadi di tanggal 14 November. Karena pada 15 November, sudah mulai KTT G20. Sementara, pada 15 November dini hari, juga ada yang datang.

“Yang pertama datang itu rencana ada tanggal 13 November sudah masuk, kemudian tanggal 14, tanggal 15 dini hari ada yang masuk. Paling banyak datang itu hampir sebagian besar Kepala Negara di tanggal 14 November. Di tanggal 13 sampai 15 itu kita sudah saling berkoordinasi untuk memastikan positif atau tidaknya (datang), kemudian nanti pesawat parkir dimana dan kebutuhan-kebutuhan lainnya,” katanya Sabtu 5 November 2022, saat meninjau kesiapan fasilitas Bandara Ngurah Rai.

Untuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang memiliki sebanyak 62 parking stand, nantinya sebanyak 40 parking stand akan disiapkan serta digunakan khusus untuk G20. Sementara, untuk pesawat kepala Negara, hanya 13 saja yang akan diparkir di Bandara Ngurah Rai, sedangkan sisanya akan dibawa ke 11 lokasi bandara pendukung.

 

Untuk 11 Bandara pendukung yang digunakan untuk kepentingan penempatan pesawat udara VVIP G20, diantaranya Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Lombok; Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar; Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin; Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo; Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan; Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang; Bandara Adi Soemarmo, Solo; Bandara Soekarno Hatta, Tangerang; Bandara Banyuwangi, Banyuwangi; dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Disini kita ada 62 parking stand dan khusus untuk G20 sendiri kita siapkan 40 parking stand karena tidak hanya untuk kepala negara saja, untuk militer dan ada rekonfigurasi. Disini ( Bandara Ngurah Rai) akan ada 13 pesawat Kepala Negara yang parkir, kemudian lainnya kita tempatkan di Bandara-Bandara pendukung lain,” bebernya.

Terkait penempatan parkir pesawat VVIP, sudah dikoordinasikan dengan Bandara-Bandara tersebut. Begitu juga ritme datangnya pesawat, akan diatur sedemikian rupa, supaya penerbangan komersial tetap beroperasi. “Untuk penerbangan komersial di Bandara Ngurah Rai, disiapkan 22 parking stand dari total 62 parking stand yang tersedia, karena 40 disiapkan khusus untuk G20,” bebernya.

Lebih lanjut Handy menyampaikan, untuk kepulangan delegasi dan Kepala Negara anggota G20, akan dimulai 15 November malam, 16 dan 17 November.

Sebelum para pimpinan negara datang untuk mengikuti KTT G20, sejumlah tim advance, telah datang mendahului untuk melakukan pengecekan lapangan dan berkoordinasi. Pertama tim advance dari negara Australia, telah datang untuk melakukan pengecekan, seperti apa nanti kondisi di Bandara Ngurah Rai dan juga akses kendaraan. Selain itu, ada dari China, bahkan Amerika, telah datang untuk mengecek, kondisi di lapangan, untuk manuver kendaraan seperti apa nanti, itu telah dikoordinasikan. Sementara untuk Rusia, diakuinya sampai saat ini, masih menunggu, karena konfirmasi terkait hal itu, terus di update. (MBP1)

See also  Mulai Berdatangan di Bali, Delegasi KTT AIS Forum Disambut Tari Bali

 

redaksi

Related post