Cuaca Ekstrem, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang kembali Melanda Karangasem

 Cuaca Ekstrem, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang kembali Melanda Karangasem

Cuaca ekstrem kembali akibatkan sejumlah bencana di Karangasem.

AMLAPURA – baliprawara.com

Sejumlah bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang, kembali melanda Kabupaten Karangasem, sejak Rabu 16 November 2022. Kondisi ini, terjadi akibat cuaca ekstrem, pasca hujan deras mengguyur. 

Menurut Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, berdasarkan hasil laporan sementara, ada sebanyak 13 bencana alam yang melanda beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Karangasem sejak Rabu. Mulai dari tanah longsor, senderan jebol, hingga pohon tumbang.

Dikatakannya, sebagian besar bencana yang terjadi, telah dilakukan penanganan oleh pihaknya. Namun demikian, proses penanganan tetap memperhatikan skala prioritas. “Berdasarkan hasil koordinasi dengan perbekel dan juga asesmen ke lokasi, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Tapi kita tetap imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada,” ujarnya. 

 

Menurut penuturan I Nyoman Putra, warga asal Banjar Dinas Tengah, Desa Sibetan, yang dapur rumahnya tertimbun longsor, Kamis 17 November 2022, hal itu terjadi tiba-tiba. Dirinya merasa kaget, menyaksikan bangunan dapurnya tertimbun longsor, hingga tembok dan atapnya rusak. 

Akibat kejadian tersebut, pihaknya sekeluarga terpaksa memasak di luar, demi keamanan. Atas kerusakan yang terjadi, memang diakuinya tidak banyak alat dapur di dalam dan kerugian tidak begitu besar. Namun, kondisi tanah yang labil, membuat waswas. “Saya merasa was-was kalau terjadi lagi, karena tanah di belakang rumah saya labil,” ucapnya. (MBP)

redaksi

Related post