FT Unud gelar Kuliah Tamu Hadirkan Narasumber dari Texas A&M University at Qatar

 FT Unud gelar Kuliah Tamu Hadirkan Narasumber dari Texas A&M University at Qatar

FT Unud gelar kuliah tamu Mohammed Al-Hashimi, PhD, FRSC., dosen dari Department of Chemistry, Texas A&M University at Qatar, Rabu (07/12/2022). (Foto.dok. Unud)

MANGUPURA – Baliprawara.com

Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) menggelar Kuliah Tamu dengan topik “Thfazole Ladder Polymers for Plastic Electronis and Organic Solar Cells” dengan menghadirkan Mohammed Al-Hashimi, PhD, FRSC., dosen dari Department of Chemistry, Texas A&M University at Qatar yang dilaksanakan di Ruang Sidang II Fakultas Teknik Universitas Udayana, Rabu (07/12/2022). Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa dari 3 Program Studi terkait dimulai dari Program Studi Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

See also  Pemilihan Ketua Senat Fakultas Teknik Unud Periode 2022–2026

Materi yang dibawakan Mohammed Al-Hashimi, mengenai plastik elektronik yang telah membuat kemajuan komersial dan ilmiah yang besar selama dekade terakhir, terutama didorong oleh potensi aplikasi seperti transistor efek medan untuk backplanes fleksibel dan e-paper, dan sel surya untuk pembangkit energi area yang luas.

ID TechEx, perusahaan riset pasar yang berbasis di Inggris, memperkirakan bahwa selama dua dekade terakhir investasi global dalam teknologi elektronik plastik telah melebihi $10 miliar AS.

 

Bidang semikonduktor organik terkonjugasi telah meningkat secara signifikan selama dekade terakhir karena penelitian ekstensif yang telah dilakukan untuk pembuatan elektronik plastik cetak yang hemat biaya, luas, dan fleksibel. Di antara polimer terkonjugasi, unit donor-akseptor (DA) bolak-balik digunakan secara luas dalam pembuatan fotovoltaik organik (OPV), dan transistor efek medan organik (OFET).

Dengan modifikasi khusus dari bagian D-A, seseorang dapat secara progresif menyesuaikan tingkat energi dan sifat penyerapan serta meningkatkan koplanaritas tulang punggung polimer dan konektivitas antar-rantai, yang mengarah pada pengembangan semikonduktor organik yang unggul, termasuk mobilitas pembawa yang lebih tinggi dan efisiensi konversi daya fotovoltaik (PCE).

See also  Delegasi Jamaica dan Filipina Terkesan Beras Merah Jatiluwih

Selain membahas mengenai plastic elektronik, Mohammed Al-Hashimi juga membahas bagaimana kerjasama kedepannya untuk meningkatkan minat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana untuk melakukan study banding mengenai perkembangan energi elektronik berbasis surya. bersama Wakil Dekan II Fakultas Teknik Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST,MA.Sc., Ph.D. (MBP/Unud.ac.id)

 

tim redaksi

Related post