2.157 Calon Mahasiswa Unud Hasil Seleksi Jalur SNBP Diumumkan Selasa Ini

 2.157 Calon Mahasiswa Unud Hasil Seleksi Jalur SNBP Diumumkan Selasa Ini

Gedung Rektorat Universitas Udayana. (Foto: Ist)

MANGUPURA – baliprawara.com

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana (Unud) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023, telah berjalan. Dari dari total 12.940 orang peminat yang telah mendaftar, Unud meluluskan sebanyak 2.157 orang calon mahasiswa.

Sebanyak 2.157 orang yang telah dinyatakan lulus ini, akan mengisi masing-masing 30% dari daya tampung di 52 Program Studi, S0 dan S1, di 13 Fakultas yang ada di Unud. Terkait hasil seleksi SNBP ini, akan diumumkan serentak pada Selasa 28 Maret 2023.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara, memyampaikan permohonan maaf kepada pelamar yang tidak lolos. Pihaknya mengatakan, dari total 12.940 pelamar, pihaknya hanya bisa meluluskan sebesar 17 persen sesuai ketentuan, atau sebanyak 2.157 orang saja. “Kami hanya bisa meluluskan sesuai ketentuan yaitu 2.157 atau hanya 17% dari seluruh peminat kuliah di Unud melalui jalur SNBP atau alur pertama ini. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang belum bisa diterima,” katanya, Senin 27 Maret 2023.

Selanjutnya, Unud akan melakukan verifikasi dokumen dokumen asli bagi 2.157 orang yang sudah diterima jalur SNBP tersebut. Untuk itu, dokumen dokumen yang harus disiapkan adalah Raport asli yang memuat nilai raport semester 1 sampai dengan semester 5.  Sertifikat asli dari prestasi, baik prestasi dibidang akademik maupun prestasi dibidang non akademik. “Lokasi pelaksanaan Verifikasi ini, akan dilakukan di Kampus Bukit Jimbaran, pada waktu dan hari yg akan diumumkan segera,” ucapnya.

Rektor Unud bersama Rektor PTN seluruh Indonesia, saat ini sedang berada di Jakarta untuk membahas kelulusan SMBP ini. Pihaknya berharap, dengan seleksi yang begitu ketat Unud, akan mendapatkan mahasiswa mahasiswa yang memiliki kualifikasi akademik yang bagus dan memiliki akhlak yang baik, sehingga mereka bisa menyelesaikan kuliahnya di Unud tepat waktu. “Setelah menjadi alumni Unud saya berharap mereka akan berkontribusi aktif membangun Bangsa dan Negara,” harapnya. 

See also  BTPN Syariah Resmikan Relokasi Kantor Cabang Denpasar Demi Optimalkan Layanan Pendanaan

Dijelaskannya, untuk total daya tampung pada 52 Program Studi di Unud adalah 7.229 orang mahasiswa. Lebih lanjut dikatakan Prof Antara, sisanya atau 70% dari daya tampung total, yakni sebanyak 5.060, akan diisi melalui dua tes jalur berikutnya, yakni Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri yg berbasis Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). “Bagi yg belum diterima di jalur SNBP ini jangan berkecil hati, karena segera mendaftarkan diri secara online sebagai peserta UTBK SNBT 2023,” bebernya.

Peserta yg ingin melihat hasil tes SMBP, bisa masuk ke portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)  yakni  https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. dengan mempergunakan akun yg sama pada saat pendaftaran dari masing masing peserta. (MBP1)

 

redaksi

Related post