Sedimentasi Tinggi, PUPR Sedot Lumpur Kolam di Puspem Badung

 Sedimentasi Tinggi, PUPR Sedot Lumpur Kolam di Puspem Badung

Penyedotan sedimentasi kolam di Puspem Badung, Jumat (31/3/2023).

MANGUPURA – baliprawara.com

Tingginya sedimentasi lumpur yang mengendap di saluran irigasi dan kolam yang ada di Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung, menjadi perhatian dinas terkait. Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung, menurunkan personel untuk melakukan pembersihan sedimentasi yang cukup tebal ini. Bahkan, dari pantauan di lapangan, untuk membersihkan lumpur ini, PUPR telah menurunkan Mobil Tangki penyedot lumpur.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) PUPR Badung, Ida Bagus Surya Suamba, pembersihan sedimentasi ini memang rutin dilakukannya. Dalam setahun, pembersihan ini dilakukan sebanyak tiga kali. 

Lebih lanjut kata dia, area Puspem Badung terdapat satu saluran irigasi dan kolam. Keduanya kata dia, memanjang alirannya berasal dari utara hingga ke selatan. “Saluran irigasi ini dari aliran subak yang masuk ke area Puspem Badung,” kata Surya Suamba, Jumat 31 Maret 2023. 

Kedepan, untuk meminimalisir pembersihan lumpur, ia mengatakan akan memisah aliran air antara irigasi dan kolam. Selain itu ia menyatakan akan mempercantik tampilan kolam yang ada di Puspem Badung. Bahkan sudah dilakukan pengajuan agar dapat merealisasikan hal tersebut.

“Saluran irigasi dari depan Kantor DPRD Badung sendiri dan kolam-kolam yang ada di depan Kantor Bappeda memanjang ke selatan. Mudah-mudahan ada penataan kolam agar dapat dipercantik. Dan ini akan kami usulkan,” katanya sembari menyebutkan kalau lumpur yang dibersihkan dari kolam tersebut, dibawa ke sisi selatan Puspem Badung. (MBP)

 

See also  Pemerintah Tetapkan Tarif Listrik Tidak Naik

redaksi

Related post