Arus Balik Lebaran di Terminal Mengwi Masih Landai

 Arus Balik Lebaran di Terminal Mengwi Masih Landai

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang baru tiba di Terminal Mengwi, Selasa 25 April 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com

Libur Lebaran tahun 2023 sudah berakhir. Warga yang mudik ke kampung halaman, mulai kembali ke Bali untuk bersiap beraktivitas kembali mulai Rabu 26 April 2023. 

Terkait arus balik pasca libur Lebaran yang diperkirakan terjadi lonjakan pada Selasa 25 April 2023 atau H+3, kedatangan penumpang di Terminal Tipe A Mengwi ternyata masih belum begitu signifikan. Sejak Selasa pagi, hanya terlihat beberapa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang datang membawa penumpang. Dari beberapa bus yang tiba, ada puluhan penumpang salah satu bus, memilih tidak turun di terminal Mengwi. 

Petugas terminal dan pihak kepolisian pun mencoba memberikan penjelasan. Hanya saja penumpang masih tetap menolak diturunkan di Terminal Tipe A Mengwi. Terlebih salah satu penumpang mengaku tidak pernah diinformasikan harus turun di terminal Mengwi. Sehingga para petugas pun hanya melakukan pengecekan barang bawaan, kemudian mengizinkan bus berjalan kembali.

Kepala Koordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Made Ardana mengatakan, sejatinya seluruh penumpang diharapkan turun di Terminal Mengwi. Hal ini dinilai untuk mempermudah melakukan pemeriksaan identitas melalui KTP. “Kami menginginkan semua penumpang yang tiba itu turun. Disamping memudahkan ada tim dari Satpol PP untuk melakukan pemeriksaan KTP bersama-sama juga posko terpadu,” ujar Ardana.

Terkait masih ada penumpang yang menolak turun di terminal Mengwi, Ardana akan melakukan langkah tindak lanjut. Pihaknya mengaku akan melakukan pengumpulan data terhadap PO Bus. Kemudian akan dilanjutkan dengan mengirimkan surat dilengkapi data yang valid kepada pusat. “Sanksi kami jelas, kami akan data semua dan kami akan lengkapi dengan dokumentasi. Itu juga kami akan membuat laporan ke pusat, karena pusat nanti yang mengeluarkan izin PO bus,” kata Ardana.

See also  I Nyoman Abdi si Anak Petani, Dedikasikan Hidup untuk Membangun Politeknik Negeri Bali

Terkait arus balik, ia mengakui, jumlah kedatangan bus dan penumpang masih belum menunjukkan lonjakan yang signifikan. Padahal ia memprediksi pada H+3 ini menjadi puncak arus balik. Kendati demikian, Ardana menerangkan, Terminal Tipe A Mengwi sudah sangat siap menerima masyarakat saat masa arus balik. Apalagi sudah disiapkan sejumlah armada untuk melayani penumpang yang turun di terminal. “Kami telah menyediakan angkutan yang bisa dipilih ada trans metro dewata, ada AKDP, dan juga ada angkutan khusus yang dapat dipesan melalui aplikasi. Perkiraan tanggal 1 Mei 2023 akan menjadi puncak arus balik,” bebernya. (MBP

 

redaksi

Related post