AMSI Diminta Bantu Kurangi Sampah Baliho Pemilu, KPU Dorong Optimalisasi Media Online untuk Promosi

 AMSI Diminta Bantu Kurangi Sampah Baliho Pemilu, KPU Dorong Optimalisasi Media Online untuk Promosi

Jajaran pengurus AMSI Bali, saat audiensi dengan Ketua KPU Bali, Selasa 9 Mei 2023.

DENPASAR – baliprawara.com

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali, sebagai salah satu asosiasi media online di Bali, berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah baliho selama perhelatan pemilu serentak 2024. Upaya pengurangan sampah Baliho selama pemilu nanti, juga sejalan dengan program pemerintah provinsi Bali, untuk pengurangan sampah plastik dan pengelolaan sampah berbasis sumber. 

Seperti disampaikan Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, selain sejalan dengan program pemerintah provinsi Bali, pihaknya juga ingin adanya pengurangan penggunaan baliho dalam berkampanye, dan lebih mengoptimalkan peran media digital dalam berpromosi.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat setiap pelaksanaan pemilu selama ini, sampah baliho selalu menjadi permasalahan di masyarakat. Pada sisi lain pembuatan Baliho juga membutuhkan Anggaran yang cukup besar. “Dan saya berharap program AMSI Bali, dapat disinkronkan dengan KPU Bali,” kata Lindartawan saat menerima audiensi pengurus AMSI Bali di Kantor KPU Bali, Denpasar pada Selasa 9 Mei 2023.

Lebih lanjut menurut Lidartawan, upaya optimalisasi media online dan mengurangi pemakaian baliho dalam sosialisasi, sudah saatnya dilakukan. Apalagi penggunaan baliho menurutnya, belum tentu efektif untuk saat ini. “Bayangkan orang berkendaraan dengan kecepatan tertentu akan sulit untuk membaca isi keseluruhan baliho. Belum lagi pemasangan baliho yang terlalu banyak pada satu titik belum tentu dapat memberikan rasa keadilan pada peserta pemilu,” ujarnya.

Ketua AMSI Bali I Nengah Muliarta menyatakan sepakat dengan ide Ketua KPU Bali. Apalagi dengan memanfaatkan media online ataupun medsos, sebaran sosialisasi pemilu dan kampanye akan menjadi lebih luas. “Penggunaan media online dan medsos dalam kampanye pemilu akan memberikan gambaran bagi pemilih mana caleg yang cakap digital dan mampu menggunakan medsos dengan baik” ungkap Muliarta.

See also  Serah Terima Surat Keputusan Pengangkatan Koprodi di Lingkungan Fapet Unud

Sedangkan terkait tujuan audiensi Muliarta mengatakan audiensi ini, ingin lebih memperkenalkan AMSI sekaligus menyampaikan program unggulan dari AMSI yakni Cek Fakta. “Apalagi menjelang pemilu 2024, perlunya AMSI mendorong pemilu yang sehat dan Aman serta bebas hoaks,” ujar Muliarta. (MBP)

 

redaksi

Related post