Kapal Nelayan Terbakar di Selatan Uluwatu, Beruntung 31 Penumpang Selamat

 Kapal Nelayan Terbakar di Selatan Uluwatu, Beruntung 31 Penumpang Selamat

Kondisi KM Bandar Nelayan 271, yang terbakar di Selatan Uluwatu, Badung, Rabu 21 Juni 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com

Kebakaran yang melanda kapal laut, kembali terjadi di wilayah perairan Bali. Kali ini, kebakaran menimpa KM Bandar Nelayan 271, di Selatan Uluwatu, Rabu 21 Juni 2023, sekitar pukul 12.00 Wita. Akibat kebakaran ini, kepulan asap terlihat hingga dari kejauhan. 

Dari informasi yang didapat, sebelum kejadian kebakaran, Kapal dengan 31 orang penumpang ini, lepas sandar dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 10.00 Wita, untuk mencari ikan. Saat tiba di tempat kejadian, tiba-tiba kapal terbakar sekitar pukul 12.00 Wita.

Atas kejadian tersebut, pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), mendapat informasi pada sore hari. Dari laporan tersebut diketahui bahwa jumlah person on board (POB) sebanyak 31 orang. 

Basarnas Bali segera memberangkatkan 6 personil menuju Pelabuhan Benoa untuk menggerakkan Right Inflatable Boat (RIB) menuju lokasi kapal terbakar. Ciri-ciri kapal berwarna dominan putih-hijau dan panjang 28.85 meter serta lebar 8.70 meter. Terpantau kondisi gelombang laut berkisar 0,5 sampai dengan 1 meter. 

Dalam proses perjalanan Tim SAR menuju lokasi kapal terbakar, diperoleh informasi perkembangan bahwa seluruh POB sudah dievakuasi KM Surya Bakti yang kebetulan melintas di area tersebut, dan semuanya dalam keadaan selamat. 

Tim Basarnas Bali yang telah tiba di lokasi pada pukul 18.45 Wita, memastikan bahwa kapal yang terbakar benar-benar dalam keadaan kosong. Di waktu yang bersamaan petugas siaga terus melakukan koordinasi dengan agen KM Bandar Nelayan 271. Setelah mendapatkan informasi yang detail dan akurat, serta memastikan memang betul seluruh POB terevakuasi, RIB kembali ke Pelabuhan Benoa. 

See also  Dikeluhkan Akibat Bau Busuk, Usaha Potong Ayam di Pidada Ditenggat Sebulan Pindahkan Tempat Produksi

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan Basarnas Bali, ABK KN SAR Arjuna, KM Surya Bakti dan KM Bandar Nelayan 2009. (MBP)

 

redaksi

Related post