Maknai Konsep Tri Hita Karana, Swarga Suites Bali Berawa Rayakan Anniversary ke-7 Secara Sederhana

 Maknai Konsep Tri Hita Karana, Swarga Suites Bali Berawa Rayakan Anniversary ke-7 Secara Sederhana

Perayaan Anniversary ke-7, Swarga Suites Bali Berawa, secara sederhana, Jumat 1 September 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com

Swarga Suites Bali Berawa, merayakan hari jadi, Anniversary ke-7, Jumat 1 September 2023. Mengangkat tema “7ourney of Swarga”, perayaan yang digelar secara sederhana ini, mengangkat konsep Tri Hita Karana. 

Yang mana, Tri Hita Karana berasal dari kata “tri” yang berarti tiga, “hita” yang berarti kebahagiaan dan “karana” yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti “tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”. Ketiga hubungan itu meliputi Hubungan Manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Manusia dan Hubungan Manusia dengan Lingkungan atau Alam.

Memaknai konsep Tri Hita Karana ini, berbagai rangkaian kegiatan dilakukan dalam memeriahkan anniversary atau ulang tahun ke-7 tahun ini. Diawali dengan kegiatan CSR ke Panti Asuhan Destawan yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali, pada hari Sabtu tanggal 26 Agustus 2023. Acara dimulai dari pukul 8 pagi dengan melakukan touring bersama ke Panti Asuhan. 

Sebagai wujud implementasi konsep Tri Hita Karana yang meliputi hubungan manusia dengan Tuhan, para staff kemudian melanjutkan persembahyangan bersama pada tanggal 31 Agustus 2023 ke Pura Rambut Siwi, Pura Melanting dan Pura Pulaki. Tirtayatra sendiri memiliki makna perjalanan suci untuk mendapatkan atau memperoleh air suci. Tirtayatra dalam bahasa sehari-hari di Bali dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Tirtayatra tidak memandang orang dalam status apapun baik kaya atau miskin asal didasarkan pelaksanaan bhakti yang tulus ikhlas, tekun, dan sungguh-sungguh. Selain untuk tujuan bersembahyang, tirtayatra juga dapat meningkatkan pengendalian diri, serta interaksi yang positif di antara para pelaku tirtayatra.

Puncak acara anniversary yang ke-7 berlangsung pada hari Jumat, 1 September 2023. Swarga Suites Bali Berawa bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat meliputi pemerintah Desa Tibubeneng, masyarakat sekitar, para tamu yang menginap dan staff. Dimana dengan melakukan kerja bakti bersama untuk membersihkan pantai dan menjaga keseimbangan ekosistem laut dengan cara pelepasan tukik atau bayi penyu yang bekerja sama dengan Balai Konservasi Tukik Kuta Station, Bali. Sebelum memulai pelepasan Tukik, acara dibuka dengan tarian Wasundhari. 

See also  Edukasi #Cari_Aman Untuk Pecalang, Ingatkan Wajib Helm untuk Warga

Tarian Wasundhari merupakan karya tari kreasi baru sebagai maskot Desa Tibubeneng yang menggambarkan kekuatan Supranatural dimiliki oleh Raja Tibubeneng pada masanya. Sehingga memperoleh Anugerah Air yang keluar sebagai mata air menggenangi dasar Sungai (Tibuan) yang sebelumnya kering (neng). 

Gerak-gerik Tari Wasundhari sangat dinamis, lincah dan penuh kelembutan bagaikan air yang keluar dari mata air suci bening meresapi Bumi/Ibu Pertiwi memberi kehidupan semua makhluk dimuka bumi ini. Dengan harapan, tarian ini dapat menginspirasi pemimpin Desa Tibubeneng agar senantiasa memiliki sifat seperti Air, mampu meresap di setiap lapisan Masyarakat, tidak pilih kasih menyerap aspirasi masyarakatnya, dengan tujuan mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, makmur wahya dyatmika (lahir bhatin) dengan selalu berpegang pada dharma, penuh cinta kasih, Menyama Braya, memelihara, menghormati Ibu Pertiwi / Dewi Wasundhari.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama, Angkola Ogessardo Siregar, dan diserahkan kepada General Manager, Gede Bimbi Sanjaya. Penyerahan pemotongan tumpeng ini sebagai lambang ucapan rasa syukur di usia ke-7 dapat memberikan layanan terbaik kepada para tamu yang menginap sekaligus tetap memperhatikan kesejahteraan terbaik bagi seluruh staff.

Dalam memperingati anniversary ke-7 di bulan September ini, Swarga Suites Bali Berawa akan memberikan harga spesial bagi tamu yang akan menginap dengan diskon 10% hingga 15%. Promo ini berlaku dengan cara mengunjungi website Swarga Suites Bali Berawa di www.swargasuitesbali.com atau di reservation@swargasuitesbali.com.

“Swarga diangkat dari bahasa Sansekerta, yang memiliki arti “surga”. Sesuai dengan konsep yang dibawakan tahun ini yaitu Tri Hita Karana dengan tema 7ourney of Swarga. Saya berharap semoga ke depannya, Swarga Suites Bali Berawa semakin sukses dan menjadi surga bagi pemilik, staff, tamu, Desa Tibubeneng, Bali dan di mata dunia,” ujar Gede Bimbi Sanjaya. (MBP)

See also  Tim A-Kidzue Raih First Winner International Business Plan Competition 2023

 

redaksi

Related post