Dukung Program Ramah Lingkungan, Ratusan Pekaseh se-Badung Diberi Motor Listrik

 Dukung Program Ramah Lingkungan, Ratusan Pekaseh se-Badung Diberi Motor Listrik

Ratusan kendaraan listrik diserahkan Pemkab Badung kepada Pekaseh se-Badung, Kamis 16 November 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com

Pemerintah Kabupaten Badung, tak hanya menggelar berbagai kegiatan seni pada upacara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Mangupura, Kamis 16 November 2023. Namun, pada moment tersebut, juga dilakukan penyerahan stimulus kepada para petani, yakni berupa alat transportasi berupa sepeda motor listrik untuk para Pekaseh/Kelihan Subak se Kabupaten Badung. Tidak tanggung-tanggung, 200 lebih sepeda motor listrik dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung.

Kepala Dinas kebudayaan Kabupaten Badung, I Ketut Gede Sudarwitha mengatakan, pemberian motor listrik ini adalah kebijakan dari Bupati Badung untuk mendukung sektor Pertanian, sebagai salah satu dari lima sektor prioritas utama pembangunan di Kabupaten Badung. ”Ini merupakan dukungan atas kinerja dan aktivitas para Pekaseh sebagai komponen Sumber daya manusia dari pada  kelembagaan pertanian di Badung. Ada sebanyak 210 motor listrik untuk para pekaseh ini. Dan hal ini merupakan dukungan kita terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan yaitu go green,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, motor listrik ini menggunakan teknologi baterai, yang cukup diisi daya listrik saja. “Untuk pemeliharaan dilakukan oleh masing-masing pekaseh, pemerintah memberikan pinjam pakai  dan nantinya baru bisa dihibahkan,” paparnya.

Sementara  Majelis Madya Subak Kabupaten Badung, Agus Gede Mudita mengatakan,  pihaknya berterima kasih kepada pemerintah atas fasilitas yang telah diberikan untuk menunjang aktivitas krama subak. “Motor listrik ini kedepan sesuai konsep Bupati badung adalah untuk mendukung program ramah lingkungan dan kita sudah mendapatkan  pembekalan penggunaan terhadap motor listrik ini. Namanya teknologi perlu ada pembelajaran baru dan program ini adalah paling pertama di Bali lembaga adat tradisional menerima  fasilitas motor listrik dari pemerintah,” terangnya.

See also  PKTM Desa Dangin Puri Kelod, Manfaatkan Lahan Kosong untuk Tanam Sayuran

Ia juga mengatakan, motor listrik ini sangat mendukung untuk digunakan ke sawah. “Kami sudah melakukan  percobaan di sawah  dan untuk listrik sudah cukup bisa digunakan listrik seperti  di perumahan. Yang jelas ini merupakan dukungan pemerintah dalam penyelamatan lingkungan,” tambahnya. (MBP/a)

 

redaksi

Related post