Penganugerahan UMKM Level Up 2023, Sekdis Kominfo Badung Dorong UMKM Melek Digital

 Penganugerahan UMKM Level Up 2023, Sekdis Kominfo Badung Dorong UMKM Melek Digital

Sekdis kominfo Badung, Anak Agung Gede Agung Arimayun (kanan) saat menghadiri pemberian penghargaan pada xUMKM Level Up 2023″, Sabtu (2/12).

MANGUPURA – baliprawara.com

Direktorat Ekonomi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komenkominfo) RI, telah melaksanakan “UMKM Level Up 2023” yang didalamnya meliputi program Adopsi Teknologi Digital kepada 20.000 UMKM. Selain itu, juga program Inkubasi Bisnis bagi UMKM kepada 100 UMKM yang tersebar di 15 Kawasan Prioritas di Indonesia, selama Juni-November 2023.

Sebagai Bagian dari Rangkaian akhir dari program UMKM Level Up 2023, digelar Penganugerahan, Sabtu 2 Desember 2023, di Ramada Bali Sunset Road, Seminyak, Badung. Pemberian penghargaan ini, diberikan kepada fasilitator terbaik pada program pendampingan dan fasilitasi adopsi teknologi digital UMKM Level Up 2023. 

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 10 UMKM terbaik yang telah mengikuti program pendampingan dan inkubasi bisnis “UMKM Level Up Business Incubator 2023”. Pemberian penghargaan ini, turut dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Sekdis Kominfo) Badung, Anak Agung Gede Agung Arimayun.

Ditemui usai kegiatan, Sekdis Kominfo Badung, Anak Agung Gede Agung Arimayun, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong dan memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di Badung agar melek digital. Sebab fasilitas pendukungnya telah disiapkan oleh pemerintah. Sehingga ke depan akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di Gumi Keris. 

“Jadi kami bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung untuk membuka wawasan UMKM terkait penggunaan media digital. Kemudian kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian agar mendapatkan fasilitas, perhatian, seperti rekan-rekan saat ini yang mendapatkan award,” ujar Arimayun. 

Sementara Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, Boni Pudjianto, menjelaskan, penghargaan yang diberikan melalui inagurasi kepada peserta level up. Melainkan kepada UMKM yang telah meningkatkan nilai tambah khususnya dalam pemasarannya dengan memanfaatkan digitalisasi. “Mudah-mudahan ini menjadi momentum agar semakin banyak, khususnya yang UKM semakin meningkat, bukan hanya pasar di dalam negeri tetapi jiga di luar negeri,” jelasnya. 

See also  Bupati Giri Prasta, Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019 dan KUA PPAS Tahun Anggaran 2021 

Pihaknya mengungkapkan, para UMKM mikro juga dibantu oleh fasilitator untuk memanfaatkan teknologi digital dalam hal meningkatkan usahanya. “Karena sekarang eranya digital pemasaran juga memanfaatkan digital, jadi kita juga akan lihat tidak hanya pasar secara offline tetapi juga kita bisa memasarkan secara online. Ini penting untuk meningkatkan omset setiap usaha dan juga meningkatkan produktivitasnya,” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, UMKM yang telah level up mendapatkan pendampingan selama enam bulan oleh para Coach. Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk classroom yang dilaksanakan dalam seminggu dua kali. “Mereka terus didampingi agar kualitas penjualannya, management, dan pemasarannya agar lebih baik,” terangnya. (MBP/a)

 

redaksi

Related post