Pelipatan Surat Suara di Badung, KPU Temukan Beberapa Kerusakan

 Pelipatan Surat Suara di Badung, KPU Temukan Beberapa Kerusakan

Pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, di gudang KPU Badung.

MANGUPURA – baliprawara.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung, telah melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Pelipatan surat suara ini, telah dimulai sejak Minggu 17 Desember 2023. Sedangkan, memasuki hari kedua pelipatan, Senin 18 Desember 2023, tidak ada kendala yang dialami meski selama proses penyortiran dan pelipatan surat suara, ada ditemukan beberapa surat suara yang rusak.

“Kerusakan ada, tapi persentase tidak terlalu banyak. Di bawah 5 persen kerusakannya. Kalau angka jumlah surat suara rusak, setelah selesai pelipatan baru kita tahu,”  kata Ketua KPU Badung, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, Selasa 19 Desember 2023.

Untuk kerusakan yang ditemukan, yaitu surat suara yang robek dan tidak bisa digunakan. Selain itu juga kerusakan berupa noda yang menempel di area pencoblosan. Noda tersebut menurutnya dapat menimbulkan keragu-raguan KPPS saat penghitungan suara, apakah itu sudah dicoblos atau tidak.

“Jadi setelah selesai, kita laporkan berapa yang kita temukan rusak, itu akan dilakukan penggantian. Karena kalau (jumlah surat suara, red) kurang dari itu, nanti ke bawahnya akan kekurangan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah surat suara yang dilipat yakni 411.986 per satu varian. Untuk pelipatan surat suara varian DPRD Kabupaten/Kota Dapil 1, dilaksanakan Gudang KPU Badung, Jalan Kebo Iwa, Denpasar. Pelipatannya dilakukan oleh 68 orang tenaga yang telah direkrut oleh KPU Badung.

Sementara pelipatan surat suara varian DPR RI dilakukan di Gudang KPU Badung, Jalan Gatot Subroto, Denpasar oleh 40 orang tenaga yang dibagi per kelompok.

See also  Monitoring Ketahanan Pangan, Wabup Suiasa Panen Sayuran Hidroponik di BPP Abiansemal

Pelipatan kedua varian surat suara tersebut diperkirakan selesai paling lambat hari ini (19/12). Sehingga pelipatan surat suara akan dilanjutkan untuk DPRD Provinsi di Gudang KPU Badung, Jalan Gatot Subroto dan DPRD Kabupaten/Kota Dapil 2 di Gudang KPU Badung, Jalan Kebo Iwa. Sementara untuk surat suara DPD RI dan Presiden-Wakil Presiden surat suaranya belum masuk. (MBP)

 

redaksi

Related post