Ngeruwak lan Mendem Dasar Palinggih di KJL Natar Sari Apuan

 Ngeruwak lan Mendem Dasar Palinggih di KJL Natar Sari Apuan

Prosesi ngeruwak lan mendem dasar palinggih Kahyangan Jagat Luhur (KJL) Natar Sari Apuan, Selasa 17 September 2024. (ist)

TABANAN – baliprawara.com

Kahyangan Jagat Luhur (KJL) Natar Sari Apuan yang satu areal dengan Pura Puseh krama Desa Adat Apuan dan Jelantik, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, saat ini sedang ditata. Di Pura ini sejak beberapa bulan lalu dilakukan penataan dan pengerjaan perluasan areal, baik di utama mandala maupun di madya mandala.

Serangkaian dengan penataan areal KJL Natar Sari dan Pura Puseh Apuan-Jelantik, sejumlah palinggih dibangun ulang seperti palinggih Pura Puseh, palinggih pesimpangan Pura Pucak Padang Dawa, pesimpangan Pura Dalem Peed, pesimpangan Pura Jati Batur, pesimpangan Pura Beratan, palinggih padmasana, palinggih Pewedan Luhur, papelik agung, pemayasan, bale paruman, apit surang, apit lawang dan sebagainya.

Bertepatan dengan Purnama Sasih Katiga, Selasa, 17 September 2024, dilangsungkan upacara ngeruwak lan mendem dasar  palinggih di kahyangan jagat tersebut. Upacara kapuput pamangku gede KJL Natar sari kasarengin pemangku di wewidangan Desa Adat Apuan dan sejumlah pamangku di Desa Adat  lainnya.

Pemangku Gede  KJL Natar Sari, Jro Mangku Ketut Mastrum didampingi Bendesa Adat Apuan Ketut Murtana dan Kertha Desa, Wayan Nirka Jaya. (ist)

Pemangku Gede  KJL Natar Sari, Jro Mangku Ketut Mastrum didampingi Bendesa Adat Apuan Ketut Murtana dan Kertha Desa, Wayan Nirka Jaya menyampaikan, upacara ngeruwak lan mendem dasar tersebut berkaitan dengan penataan areal KJL Natar Sari dan Pura Puseh. Perluasan areal pura ini dilakukan, mengingat  pamedek semakin banyak tangkil pada saat pujawali. Karena adanya penataan itu maka sejumlah palinggih dibangun ulang dan bangunan sarana penunjang seperti pengedakan tempat perantenan nunas paica di sisi kangin lantai satu,  juga dibangun.

Penataan ini mendapat bantuan dana dari Bupati Badung, Giri Prasta sebanyak Rp 12,5 milyar yang ditargetkan rampung pada April 2025 mendatang.

See also  AHM Luncurkan Motor Bebek Trekking Honda CT125

Sementara itu pujawali ageng di KJL Natar Sari Apuan berlangsung setiap tahun, bertepatan dengan Tumpek Krulut. Pujawali ageng biasanya ngerawuhin sekitar 60 tapakan Barong, yang merupakan sungsungan umat Hindu di lima kabupaten yakni Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli dan Jembrana. Pura stana Hyang Pasupati ini juga dikenal sebagai parahyangan tempat nunas pasupati tapakan barong. (MBP)

 

redaksi

Related post