Ucapkan Sumpah Jabatan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Gibran Resmi Memimpin Indonesia 5 Tahun ke Depan

 Ucapkan Sumpah Jabatan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Gibran Resmi Memimpin Indonesia 5 Tahun ke Depan

Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, saat pengambilan sumpah jabatan, Minggu 20 Oktober 2024.

JAKARTA – baliprawara.com

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, secara resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029. Keduanya kini resmi menjadi pemimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan, menggantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, setelah mengikuti prosesi pengambilan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Pembacaan sumpah ini, dilakukan keduanya di hadapan 709 dari 731 anggota MPR RI, dan para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Prabowo saat pembacaan sumpahnya, disusul Gibran, dengan mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ahmad Muzani yang memimpin jalannya sidang mengatakan, dalam kehidupan pemerintahan dan kenegaraan, bangsa Indonesia akan memulai lembaran baru. Dikatakannya, lembaran baru bangsa Indonesia ini diperoleh berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Yang mana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Hal tersebut kata dia, menandakan kalau proses demokrasi di Indonesia telah berjalan dengan baik. Hal itu merupakan anugerah yang patut disyukuri oleh segenap masyarakat Indonesia.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ini diyakininya disambut dengan gembira seluruh masyarakat Indonesia. Baik itu dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, termasuk juga seluruh warga negara Indonesia yang berada di berbagai belahan dunia.

See also  Pertama Kalinya, FISIP Unud Gelar “Blood Donor Day”

Untuk itu, Muzani mengimbau seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berjalan bergandengan, menjaga semangat demokrasi, saling menebar rasa syukur, dan saling bersatu demi masa depan yang lebih baik.

Pada pelantikan ini, ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara. Sedangkan, Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan, antara lain, Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya, yakni Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji. (MBP)

 

redaksi

Related post