Wisuda ke-36 Politeknik Negeri Bali, 52,9 Persen Lulusan Sudah Bekerja Sebelum Diwisuda

MANGUPURA – baliprawara.com

Politeknik Negeri Bali (PNB), kembali menggelar prosesi Wisuda, yang digelar dalam 3 sesi, mulai 21,29, dan 30 Oktober 2024. Yang menarik pada pelaksanaan Wisuda ke-36 kali ini adalah, jumlah yang sudah bekerja sebelum diwisuda, mengalami peningkatan jumlah dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCOM.,Wisuda tahun 2024 ini dilaksanakan dalam 3 sesi, dengan total wisudawan sebanyak 2034 orang. Wisudawan ini terdiri dari mahasiswa Program Studi (Prodi) D3, S1 Terapan, dan S2 Terapan Perencanaan Pariwisata.

Untuk tahun ini, Abdi mengatakan kalau PNB dengan bangga menyatakan bahwa, wisudawan tahun ini terus mengalami peningkatan. Terutama peningkatan dalam jumlah wisudawan, maupun peningkatan mahasiswa yang bekerja sebelum diwisuda.

Pada tahun 2024 ini lanjut Abdi, untuk jumlah yang sudah bekerja sebelum diwisuda sebesar 52,9 persen. Jumlah ini kata dia, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 49 persen.

“Jadi ini adalah peningkatan yang sangat baik bagi kita. Ini adalah pencapaian yang membaggakan bagi wisudawan pada hari ini. Demikian juga mahasiswa yang berwirausaha setelah tamat, juga mengalami peningkatan,” kata Abdi saat ditemui di sela Wisuda sesi 1 pada Senin 21 Oktober 2024, di The Westin Resort, Nusa Dua.

Tentu ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi PNB, atas kepercayaan dari masyarakat. “Ini yang PNB persembahkan kepada masyarakat. Mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada PNB, akan semakin meningkat, seiring dengan peningkatan kualitas pendidikan yang kita berikan kepada mahasiswa, baik di kelas, di laboratorium, di bengkel, di workshop dan seterusnya,” harapnya.

See also  Melalui Dies Natalis ke XXXIII, PNB Berkomitmen Perkuat Kemitraan untuk Penguatan SDM 

Ia juga menyampaikan, di tahun 2024 ini, PNB sudah mulai menerima mahasiswa S3 terapan Bisnis Pariwisata. “Mudah-mudahan dengan pencapaian ini, PNB bisa memberikan pelayanan pendidikan, meningkatkan perluasan akses pendidikan, melalui jenjang-jenjang, baik itu D2 Fast Track, D3, D4 Sarjana terapan dan Doktor Terapan,” ungkapnya.

Meski sejumlah capaian telah diraih, namun dalam menjaga kepercayaan lulusan, peningkatan soft skill wisudawan kata dia menjadi yang paling utama. Sehingga harapannya, apa yang ingin dicapai, tidak hanya kompeten dalam hardskill, namun juga kompeten dalam soft skill, sesuai apa yang dibutuhkan dalam dunia industri.

Pada kesempatan sama, Wakil Direktur I PNB, Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT., menambahkan, kegiatan Wisuda kali ini, diikuti peserta dari 18 prodi yang ada di PNB. Yang mana terdiri dari prodi D3, sarjana terapan, hingga magister terapan. Termasuk juga kampus Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), yang dimiliki di Lombok Barat, di Jembrana. Hal inilah yang menunjukkan kalau wisuda kali ini lengkap sekali.

Selain itu, kebanggaan untuk wisudawan kali ini adalah, sebagian besar wisudawan, telah terserap di industri sebelum mereka diwisuda. Bahkan jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Tentu kami menyampaikan terimakasih kepada dunia industri yang sudah banyak bekerjasama dengan PNB. Karena, apa yang dihasilkan di PNB (lulusan-red), sudah langsung diserap di dunia industri,” ucapnya. (MBP)

 

redaksi

Related post