Pemkab Tabanan Ikuti Penilaian SPBE Tahap Kedua, Tegaskan Komitmen Transformasi Digital

 Pemkab Tabanan Ikuti Penilaian SPBE Tahap Kedua, Tegaskan Komitmen Transformasi Digital

Penilaian SPBE Tahap Kedua. (Ist)

TABANAN, – baliprawara.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan semakin memperkuat komitmennya dalam mewujudkan pelayanan publik berbasis digital dengan mengikuti penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahap kedua pada Selasa, 22 Oktober 2024. Penilaian yang berlangsung di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tabanan ini, menjadi langkah strategis dalam mendukung transformasi digital di pemerintahan.

Penilaian SPBE ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi nasional yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Diikuti oleh ratusan daerah di seluruh Indonesia, evaluasi ini bertujuan mengukur sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi telah diterapkan untuk meningkatkan pelayanan publik di setiap wilayah.

Kepala Diskominfo Tabanan, Made Sumerta Yasa, menekankan bahwa evaluasi ini merupakan langkah penting dalam menciptakan pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif. “Dengan adanya evaluasi eksternal ini, kami semakin termotivasi untuk terus mengoptimalkan penerapan SPBE di Tabanan. Harapan kami, indeks SPBE tahun ini meningkat sebagai bukti komitmen kami dalam transformasi digital,” ujar Sumerta Yasa.

Tim asesor dari Universitas Petra Surabaya dan Kementerian PANRB menilai kinerja Pemkab Tabanan secara daring, sementara perangkat daerah hadir langsung di lokasi kegiatan. Penilaian dilakukan berdasarkan pedoman yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 59 Tahun 2020 serta panduan terbaru tahun 2024.

Penilaian SPBE ini diharapkan mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, serta efektivitas pemerintahan di Kabupaten Tabanan. Pemanfaatan SPBE menjadi bagian dari langkah penting Pemkab untuk mempercepat layanan publik, meningkatkan kualitas data, dan mendukung keputusan yang lebih tepat.

See also  Diskominfo Badung Gelar Literasi Psikologi Media di SMP Negeri 4 Abiansemal

Dengan semangat dan komitmen tinggi, Pemkab Tabanan optimistis mampu memperbaiki peringkat nasionalnya dan terus memberikan pelayanan berbasis elektronik yang optimal bagi masyarakat.(MBP) 

redaksi2

Related post