Kuta Selatan Kembali Diguncang Gempabumi Tektonik

 Kuta Selatan Kembali Diguncang Gempabumi Tektonik

DENPASAR – baliprawara.com

Wilayah Bali terutama Kuta Selatan, kembali diguncang gempa tektonik berkekuatan M=4,4. Episenter  Jumat (31/7) pukul 08.37.09 WITA. Dari hasil analisis update BMKG, gempabumi ini terletak pada koordinat 9.22 LS dan 115.06 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 km arah Barat Daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 64 km. 

Menurut Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS., dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah. Ini kata dia diakibatkan aktivitas subduksi lempeng indo australia yang menujam ke lempeng eurasia.  

Lebih lanjut dikatakan Taufik, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Selatan II-III MMI, Gianyar dan Denpasar II MMI. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucapnya melalui siaran persnya.

Dikatakannya, hingga pukul 09.08 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Pihaknya mengimbau kepada Masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (MBP1)

See also  Gubernur Koster Ajak DPW PKB Bali Bersama Membantu Memulihkan Pariwisata dan Perekonomian

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *