Peringati Hari Pramuka ke 59, Kwarda Bali Gelar Donor Darah dan Berbagai Lomba

 Peringati Hari Pramuka ke 59, Kwarda Bali Gelar Donor Darah dan Berbagai Lomba

DENPASAR – baliprawara.com

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 59 tahun 2020, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali melaksanakan beberapa agenda kegiatan. Diantaranya Bali Scout Creativity dan Donor Darah. 

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 juga menjadi bagian dari peringatan hari jadi ke 59 Praja Muda Karana (Pramuka). Kegiatan ini meliputi aksi donor darah, lomba mesatua Bali, hingga lomba video berbahasa Inggris tentang pariwisata Bali.

Kata dia, esensi dari kegiatan ini juga merujuk kepada visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerti Loka Bali. Semua kegiatan lanjut Rentin, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ketat, Bali Scout Creativity (BSC) 2020, merebutkan piala Ketua Kwarda Bali yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa (11/8). Sementara, untuk kegiatan donor darah, dilaksanakan, Rabu (12/8).

“Kami mengedepankan komunikasi, informasi, edukasi dan sosialisasi. Ini kami lakukan di setiap tingkat kami bertugas, dari tingkat cabang, daerah sampai nasional,” ungkap Rentin, saat menghadiri kegiatan donor darah. 

Lebih lanjut kata Rentin, kegiatan donor darah dilakukan untuk mendukung Palang Merah Indonesia Provinsi Bali, dalam rangka memenuhi kebutuhan sebanyak 3600 kantong perbulan. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kegiatan yang bertema Setetes Darah untuk kemanusiaan ini didukung penuh AL, BPOM, BPBD, dan relawan binaan Kwarda Bali,” bebernya. 

Pihaknya menarget jumlah pendonor sebanyak 59, sesuai usia Pramuka. Sementara, lomba mesatua Bali, digelar dalam rangka mengedukasi anggota Pramuka seluruh cabang, agar ikut melestarikan kearifan lokal Bali. Sedangkan lomba video berbahasa Inggris, ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Bali. “Kenapa berbahasa Inggris, ini mengacu kepada setelah Bali masuk era baru. Kegiatan ini juga sejalan dengan tahapan pemulihan perekonomian Bali,” terang pejabat yang juga Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali ini.

See also  Kejaksaan Negeri Badung Berhasil, Raih Predikat ZI Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Tahun 2020

Gerakan promosi ini juga sejalan dengan rencana Provinsi Bali untuk membuka kunjungan wisatawan mancanegara pada 11 September. Dia berharap kegiatan ini dapat mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam pemulihan perekonomian.

Dalam kesempatan yang baik Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, mengapresiasi seluruh kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan Kwarda Bali, di tengah pandemi Covid-19 tetap bergerak dan berinovasi. “Saya mengucapkan selamat hari Pramuka yang ke-19 tetap bergerak dan semangat jangan sampai pudar” Ucap Rai Wirajaya. (MBP/r)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *