Peringati Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Pramuka Diharapkan Jadi Suri Tauladan Perilaku Disiplin Prokes

 Peringati Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Pramuka Diharapkan Jadi Suri Tauladan Perilaku Disiplin Prokes

DENPASAR – baliprawara.com

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19. Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini dilakukan secara daring dengan menghadirkan peserta dari seluruh kwartir daerah se-indonesia. Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Bali  mengikuti Apel melalui virtual di Gedung Kwarda Bali, Rabu (28/10).

Apel dihadiri Langsung oleh Ketua Kwarda Bali I Made Rentin, Sekretaris, Waka, Bedahara dan beberapa Andalan Daerah serta Anggota Dewan Kerja Daerah Bali.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan dalam upacara Hari Pramuka ke-59 beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingat beberapa hal. Selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional, Jokowi telah mengingatkan agar Gerakan Pramuka menumbuhkan dua gerakan penting. “Yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional,” kata Budi Waseso.

Menurutnya gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi suri tauladan perilaku disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) dimanapun berada. “Melalui Gerakan Kepedulian Nasional, para Pramuka diharapkan terus dapat peduli untuk membantu sesama warga masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19 ini,” tambah Budi.

I Made Rentin seusai apel mengatakan, Mengingat kondisi pandemi yang masih terus berlangsung dan belum bisa dipastikan waktu berakhirnya, Gerakan Pramuka Kwatir Daerah Bali akan terus mendukung keterlibatan dan peran serta para relawan. 

“Walaupun situasi pandemi tak mengurangi makna mendalam yaitu bagaimana upaya meningkatkan disiplin nasional dan kepedulian nasional serta semangat bela negara bagi kita yang berada di dalam lingkungan Gerakan Pramuka” Ucap Rentin

See also  Midea Luncurkan AC Split Inverter Series ½PK,  Diklaim Lebih Hemat Dua Kali Lipat dari Produk Serupa

Made Rentin berpesan Wahai pemuda, ayooo bersatu dan bangkit, dengan ikut serta menyukseskan dua  gerakan nasional yaitu Gerakan Kedisiplinan dan Gerakan Kepedulian

“Disiplin terapkan protokol kesehatan bahkan menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan, Peduli dan empati kepada sesama di tengah pandemi covid-19” Katanya 

Made Rentin berharap Pramuka mellenial di tengah covid 19, tetap semangat dan beraktivitas serta memunculkan inovasi dan kreativitas di tengah kita semua masih berjuang melawan covid19, marilah Gerakan Pramuka menjadi agen perubahan prilaku, untuk taat dan patuh terhadap protokol kesehatan. 

Setelah apel Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Karya (Saka) se-Bali Rakor digelar karena mempertimbangkan kelembagaan Saka, khususnya di Kwarda Bali, yang dinilai kegiatannya kurang optimal sehingga perlu komunikasi yang lebih intensif di antara para pimpinan Saka untuk mencapai tujuan dan sasaran keberadaan Saka Pramuka tersebut.

Kepramukaan merupakan proses pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik dan menantang, yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar, dan metode kepramukaan dengan membentuk watak sebagai sasaran akhir. (MBP)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *