Angkat Cerita Ahangkara, Ngelawang Duta Tabanan Sukses Menarik Perhatian Pengunjung

 Angkat Cerita Ahangkara, Ngelawang Duta Tabanan Sukses Menarik Perhatian Pengunjung

Parade Ngelawang, Sanggar Giriya Mas Kawi, Tabanan, Senin 24 Juni 2024.

DENPASAR – baliprawara.com 

Serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI, Senin 24 Juni 2024, Sanggar Giriya Mas Kawi, Banjar Dakdakan, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Duta Kabupaten Tabanan, tampil pada  utsawa (Parade) Ngelawang. Pentas seni berjalan itu dimulai dari pintu depan sebelah utara Taman Budaya, kemudian berlanjut menuju depan Gedung Kriya. Di depan gedung ini, sekaa Ngelawang menunjukan atraksi seni yang dibingkai dalam cerita rakyat. Pementasan oleh anak-anak itu, berlanjut di areal depan Panggung terbuka Ardha Candra.

Pentas ngelawang ini, melibatkan sebanyak 50 peserta, terdiri dari penari dan penabuh. Prosesi ngelawang ini, memang tidak sama dari kegiatan ngelawang pada Hari Raya Galungan dan Kuningan itu. Ngelawang dilengkapi dengan cerita, sehingga penampilannya seperti pertunjukan drama yang dilengkapi pembabakan.

Pada kesempatan itu, Sanggar Giriya Mas Kawi membawa cerita berjudul “Ahangkara” dengan durasi waktu, sekita 25 menit. Garapan ini, mengangkat kisah kebiasaan manusia dengan zona nyamannya. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki derajat paling tinggi. Hal yang paling penting dalam membedakan manusia dengan makhluk lainnya, adalah akal, pikiran, perasaan yang dimiliki manusia.

Selain itu, keyakinan untuk mempertinggi kualitas hidup. Namun, dalam perkembangan jaman akhir-akhir ini, semua hal itu mulai bergeser, manusia hanya ingin mempraktiskan dan menghalalkan segala cara untuk urusan hidupnya. Manusia dengan zona nyamannya itu, hanya menginginkan hasil yang banyak tanpa mau  berbuat yang lebih. Kebiasaan ini timbul karena godaan-godaan nafsu jahat yang mengganggu akal, pikiran, perasaan, dan keyakinan manusia itu sendiri.

See also  Prodi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi Sambut Mahasiswa Winter Class

Dalam garapan tersebut, menampilkan dua barong, yaitu barong bangkung (berwujud babi besar) dan barong macan (berwujud harimau). Selain itu, ada pula barong singa kecil yang ditarikan oleh anak-anak, serta pemain anak-anak yang menarikan monyet. Sedangkan, penari wanita menarikan berbagai pohon di tengah hutan. Manusia yang tak mau menjaga alam lingkungannya, membuat Barong Singa yang berperanh sebagai raja hutan marah da mengamuk. Hutan rusak, hingga kehidupan manusia terganggu.

Tari ini yang digarap oleh I Made Rai Widana dan Ni Luh Putu Lastiani, serta Ida Bagus Agung Widnyana sebagai penata iringan itu memang tak ingin mengangkat kisah yang berat. Hal ini, sebagai bentuk edukasi kepada anak-anak, selain sebagai sajian seni untuk menghibur. “Kami menggarap dengan konsep hutan. Kami ingin mengajak semua untuk menjaga hutan sebagai sumber kehidupan,” ucap Rai Widana.

Tradisi ngelawang barong tumbuh dan berkembang dalam komunitas masyarakat Hindu Bali hingga saat ini. Prosesi nglawang secara kasat mata tervisualisasikan ke dalam bentuk iringan-iringan berjalan, berputar dan melingkar serta terus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Selama perjalanan itu, terjadi jalinan harmonisasi gerak yang sangat kompleks, dan menarik.  (MBP)

 

redaksi

Related post