Bantu Tim Medis, Civitas Akademika Fakultas Teknik Unud Sumbangkan 100 Face Shield

 Bantu Tim Medis, Civitas Akademika Fakultas Teknik Unud Sumbangkan 100 Face Shield

DENPASAR – baliprawara.com

Mahasiswa program studi Teknik Mesin, khususnya yang menaungi laboratorium metalurgi dibawah arahan Fakultas Teknik Unud, membuat 100 buah face shield, alat pelindung diri (APD) untuk disumbangkan. Face Shield ini dikerjakan beberapa mahasiawa yakni Putu Brahmanda Sudarsana, I Dewa Made Oka Dharmawan, I Gusti Lanang Aditya Pradnyana dan Ni Made Ayu Rita Adriani dan dikomando oleh seorang dosen, Prof I Dewa Gede Ary Subagia, PhD. 

Untuk pembuatannya, menurut salah seorang mahasiswa yang menggarap, Putu Brahmanda Sudarsana face shield ini dibuat dengan teknik 3D Printing. Adapun bahan yang digunakan dalam pengerjaan face shield ini antara lain, gagang bagian atas terbuat dari bahan filamen PLA (Polylactic Acid) melalui proses 3D Printing dan didesain dengan konsep mekanisme compliant. Sedangkan, untuk penutupnya, terbuat dari mika bening yang visible menurut standar ANSI/ISEA Z87.1-2015 atau standar yang direkomendasikan WHO pada publikasi Personal Protective Equipments Guidelines terkait penyakit menular.

Sementara lanjut Brahmanda, bagian tali terbuat dari tali dengan variasi bulatan sebagai penguat menyesuaikan ukuran kepala. “Untuk pengerjaan menggunakan mesin printer yang produksinya dilakukan dari rumah karena arahan work from home,” katanya, Senin (13/4).

Dekan Fakultas Teknik Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,PhD., mengatakan, face shield ini ditujukan kepada tim medis di rumah sakit untuk memproteksi bagian wajah dari kemungkinan percikan droplet pasien dalam situasi penyebaran Covid-19. Lebih lanjut dikatakan, material dari face shield ini sangat ramah lingkungan. Karena terbuat dari bahan yang kalau dibiarkan di alam, tidak akan lama untuk terdegradasi.

See also  Doktor Ilmu Kedokteran Buktikan Pendekatan Ergonomi Total Dapat Mengurangi Kelelahan dan Meningkatkan Kenyamanan Kerja Dokter Gigi

APD ini lanjut Suardana, kemudian diserahkan kepada Fakultas Kedokteran Unud untuk pemenuhan kebutuhan tenaga medis yang ada di RS PTN Unud dan RSUP Sanglah. Karena menurutnya, kedua RS ini merupakan rumah sakit rujukan Covid-19.

Sementara, ditemui disela penyerahan Face Shield, Dekan Fakultas Kedokteran Unud. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) mengatakan, dengan bantuan ini, tentu akan meningkatkan semangat tenaga medis sehingga dapat bekerja dengan rasa aman dan nyaman. (praw1)

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *