Bungan Desa, Bupati Sanjaya Dorong Pembangunan dan Berdayakan Potensi Desa Bangli

 Bungan Desa, Bupati Sanjaya Dorong Pembangunan dan Berdayakan Potensi Desa Bangli

Bupati Sanjaya saat menjalankan program Bungan Desa, di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Selasa 28 November 2023. (ist)

TABANAN – baliprawara.com

Bungan Desa “Bupati Ngantor di Desa” yang merupakan program inovasi yang digagas oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, terus berlanjut. Komitmen mewujudkan visi-misi Tabanan yang Aman, Unggul, Madani (AUM), terus dilakukan untuk menciptakan pembangunan menyeluruh yang dimulai dari tingkat Desa. Pada Bungan Desa yang ke-39 kali ini, Bupati Sanjaya melihat langsung potensi yang ada di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Selasa 28 November 2023.

Dimulai dengan kunjungan ke Wantilan Pura Pucak Padang Dawa, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Bupati Sanjaya didampingi oleh Sekda, Para Asisten, Kepala OPD terkait, Kepala Bagian, Camat, serta unsur Forkopimcam Baturiti. Kehadiran orang nomor satu di Tabanan ini, diawali dengan sesi tatap muka bersama Perangkat Desa dan masyarakat setempat, dengan sambutan antusiasme yang tinggi.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan terhadap pelayanan kesehatan, distribusi kacamata gratis, pemeriksaan layanan OPD, UMKM, serta kunjungan ke perpustakaan keliling dan penyerahan buku kepada masyarakat. 

Bupati Sanjaya dan jajarannya juga mengunjungi Kantor Desa Bangli untuk meresmikan Jalan Hotmix Banjar Tegeh – Baturiti, yang ditandai dengan pemotongan pita, sebelum melanjutkan dengan penanaman pohon Tabebuya di depan kantor Desa Bangli.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi asal Dauh Pala ini mengapresiasi Desa Bangli yang memiliki potensi luar biasa di bidang pertanian, dengan mayoritas masyarakat yang menjadi petani. Pihaknya menilai, perlu dilakukan pendampingan bagi para petani, serta motivasi untuk dapat membangun bersama. 

Melalui Bungan Desa ini, pihaknya berharap mampu memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat serta edukasi langsung kepada masyarakat. ”Tujuannya adalah kita memberikan edukasi secara langsung di tengah-tengah masyarakat, dan di samping itu, kita menyampaikan nanti, jika terjadi apa-apa, bisa lebih mendekatkan pelayanannya. Ini salah satu program inovatif yang kita miliki, yaitu program Bungan Desa, Bupati Ngantor di Desa,” Ucap Sanjaya.

See also  Presiden AS Joe Biden Tiba di Bali, Tari Pendet Sambut Kedatangan di Bandara

Program Bungan Desa menjadi salah satu inisiatif yang dijalankan secara berkelanjutan untuk mendorong pembangunan di tingkat Desa. Melalui kegiatan ini, Bupati Sanjaya tidak hanya hadir secara simbolis, tetapi juga turut terlibat dalam menyerap aspirasi masyarakat, melihat potensi dan menangkap langsung kebutuhan masyarakat di setiap Desa, sebagai bagian dari strategi memajukan Kabupaten Tabanan secara menyeluruh.

Perbekel Desa Bangli, I Made Adiasa, mengatakan, Desa Bangli yang masyarakatnya mayoritas petani, memiliki potensi pertanian organik yang mulai digiatkan dan dikembangkan. Di kesempatan yang sama pihaknya juga turut menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati terkait dengan kunjungan Bungan Desa di Desa Bangli yang diyakininya mampu memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat. 

“Kami juga sangat mengapresiasi. Jadi ini kunjungan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, disamping juga Bapak Bupati bisa bertemu dengan masyarakat, lalu melihat pelayanan langsung di masyarakat itu sendiri, dampak-dampak yang lain pasti bisa dikembangkan tentunya harus ada antara tokoh dengan kami di Pemerintahan Desa,” ucapnya.

Begitupun juga dengan masyarakat Desa Bangli sangat merasakan sejumlah manfaat signifikan dari pelaksanaan Program Bungan Desa. Terlihat dari banyaknya antusias masyarakat yang turut menikmati berbagai pelayanan yang disediakan. Ni Made Ratni, salah satu warga yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bapak Bupati atas penyelenggaraan acara Bungan Desa di wilayahnya, sembari berharap program ini bisa terus berlanjut di masa mendatang. (MBP/a)

 

redaksi

Related post