Calon DPD, Gede Suardana Siap Perjuangkan Otsus Bali

 Calon DPD, Gede Suardana Siap Perjuangkan Otsus Bali

Dr. Gede Suardana.

DENPASAR – baliprawara.com

Sebagai calon DPD RI, Dr. Gede Suardana berjanji bakal memperjuangkan otonomi khusus untuk Bali saat ia terpilih pada Pemilu 2024. 

“Jika ingin Bali maju dan seluruh rakyatnya sejahtera, maka Bali perlu satu daerah otonomi, yaitu otonomi di Provinsi,” kata Suardana usai diskusi publik yang digagas Persadha Nusantara, Sabtu 9 September 2023. 

Ia menyebutkan bahwa Bali selama era reformasi gagal menyejahterakan rakyatnya karena sistem pemerintahan saat ini, kekuasaan ada di setiap kabupaten/kota. 

Pemerintah Provinsi Bali tidak bisa mengontrol kabupaten/kota karena ego sektoral bupati/walikota. “Kebijakan publik Bali tidak berhasil karena tidak dijalankan oleh pemerintah di kabupaten/kota,” ujarnya. 

Kepala daerah di kabupaten/kota dan partai politik juga memiliki ego sektoral dengan tidak mau berbagi pendapatan daerah dengan daerah lainnya. “Kabupaten kaya akan semakin kaya, yang miskin akan terus miskin. Akibatnya tidak akan pernah terjadi pemerataan kesejahteraan rakyat Bali,” urainya. 

“Jika rakyat Bali ingin sejahtera maka harus diperjuangkan otonomi hanya untuk provinsi. Otonomi kabupaten/kota dihapus saja,” kata Suardana yang juga mantan ketua KPU Buleleng. (MBP)

 

See also  Persadha Nusantara Minta Ketua Panitia Ngaben di Sudaji Dibebaskan

redaksi

Related post