Ditunjuk Tangani Covid-19, Ini Persiapan RS PTN Unud

 Ditunjuk Tangani Covid-19, Ini Persiapan RS PTN Unud

MANGUPURA – baliprawara.com

Ditunjuk oleh Gubernur Bali sebagai RS yang akan secara khusus menangani Covid-19, RS PTN Unud melakukan berbagai persiapan. Dari sebelumnya memiliki 3 ruang isolasi lengkap dengan tenaga perawat dan tenaga dokter, kini satu gedung yakni gedung 3 akan disiapkan untuk tempat perawatan.

“Dengan ditunjuknya RS PTN Unud sebagai lokasi penanganan Covid-19, maka kami wajib merawat pasien dalam pengawasan dan pasien yang positif Covid-19,” kata Direktur RS PTN Unud Dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Sabtu (28/3).

Saat ini, RS PTN Unud memiliki 3 ruang isolasi di gedung 6. Minggu depan, kata dia, akan siap sebanyak 9 ruang isolasi lagi, sehingga ada sebanyak 12 ruang isolasi. Sementara, untuk tenaga kesehatan akan dibantu dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Sebanyak 20 orang perawat sudah dilatih khusus.

“Mudah-mudahan Senin atau Selasa datang. Kalau sudah datang dan ruangan sudah siap, kita siap menerima pasien dalam pengawasan (PDP),” ucapnya.

Untuk tenaga medis bantuan dari Dinas Kesehatan, kata Samatra, rata-rata didatangkan dari luar Badung dan Denpasar seperti dari Bangli dan kabupaten lain. Ke depan, gedung 6 akan digunakan untuk tempat mereka beristirahat. Di gedung 6 ini, ada 2 ruangan 2 lantai yang sudah disekat-sekat yang nantinya dijadikan tempat istirahat mereka.

“Di sana akan ditempatkan untuk tenaga kesehatan. Namun, sebelum semua siap, untuk sementara sebanyak 20 tenaga perawat ini akan ditempatkan dulu di Udayana International Convention Center (UICC),” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk penanganan pasien Covid-19, ada sebanyak 93 tempat tidur yang disiapkan RS PTN Unud. Karena fokus dalam penanganan pasien Covid-19, pihaknya mengatakan untuk sementara tidak akan menangani pasien umum. (praw)

See also  Jelang KTT AIS Forum 2023, 21 Delegasi Tiba di Bali

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *