FK Unud Inisiasi Kerja Sama Penelitian Bidang Genomik dengan Yayasan Satriabudi Dharma Setia

 FK Unud Inisiasi Kerja Sama Penelitian Bidang Genomik dengan Yayasan Satriabudi Dharma Setia

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes menerima kunjungan Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS), Selasa (17/01/2023). (Foto: dok. Unud)

DENPASAR – Baliprawara.com

Dalam rangka meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, khususnya bidang penelitian, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes menerima kunjungan inisiasi kerja sama dari Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS), bertempat di ruang sidang Dekan FK, Gedung FK Unud, Denpasar, Selasa (17/01/2023). 

See also  Tingkatkan Pemahaman Penanganan Pasien Borderline Personality Disorder, FK Unud Undang Profesor Dari Malaysia 

Dalam pertemuan ini, Bapak Dekan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada FK Unud untuk menerima hibah penelitian khususnya di bidang genomik. Sementara Vincentius Simeon Weo Budhyanto, selaku Ketua YSDS menyampaikan bahwa bantuan yang akan diberikan bukan hanya diberikan berupa hibah penelitian, namun juga pengembangan sumber daya manusia, dan alat yang diperlukan untuk penelitian.

 

Dalam kesempatan ini, pihak FK Unud dan YSDS membahas kontrak penelitian yang mencakup: mekanisme pemberian dukungan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS), diskusi kemungkinan pemberian dukungan lain diluar WGS dari YSDS kepada tim peneliti dan institusi peneliti dan diskusi kemungkinan kerjasama lain antara YSDS dan institusi peneliti untuk menunjang kapasitas pemeriksaan genomik dan kapasitas bioinformatika di Indonesia.

See also  Nakes dan Penghuni Isoter di Badung Peringati Hari Kemerdekaan RI

Acara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, MPH., Ph.D., Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama (UPIKS), Dr. dr. Ida Ayu Ika Wahyuniari, S.Ked., M.Kes., para peneliti yaitu Dr. dr. I Ketut Mariadi, Sp.PD-KGEH., Koordinator Unit Lab Biomedik Terpadu (LBT) Dr. rer. nat. dr. Ni Nyoman Ayu Dewi, M.Si., dan Ida Bagus Nyoman Putra Dwija, S.Si., M.Biotech., Ph.D. (MBP/Unud.ac.id)

 

tim redaksi

Related post