Gempabumi Tektonik Kembali Guncang Kuta

 Gempabumi Tektonik Kembali Guncang Kuta

DENPASAR – baliprawara.com

Gempa bumi kembali terjadi di Bali bagian Selatan, Selasa (31/3). Terjadi sekitar pukul 03:19 WITA, genpa yang guncangannya terasa di wilayah Kuta diguncang gempabumi tektonik.

Menurut Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS., hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 8,94 LS dan 114,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km barat daya Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada kedalaman 70 km. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” katanya dalam siaran persnya.

Lebih lanjut dikatakan, dampak dari gempabumi tersebut, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Kuta II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. “Hingga pukul 03.31 WITA, Hasil monitoring tidak menunjukkan adanya gempabumi susulan (aftershocks),” terangnya.

Terhadap kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (praw)

See also  Tanggulangi Narkoba, Perlu Peran Aktif Seluruh Komponen Masyarakat 

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *