Ini Yang Dilakukan PNB Bangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju

 Ini Yang Dilakukan PNB Bangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju

Mangupura – baliprawara.com

Politeknik Negeri Bali (PNB), Jumat (17/1/2020) menggelar Industrial Gathering dan Tetra Helix Forum, bertempat di Gedung Widya Padma kampus setempat. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 400 undangan ini mengambil tema Pengembangan, Peluang, dan Tantangan SDM Unggul di Era Milenial Berbasis Pariwisata Hijau (Green Tourism).

Selain dihadiri dan dibuka oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, turut hadir sebagai narasumber adalah, Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa dan sejumlah undangan lain. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka memenangkan persaingan global, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk Indonesia Maju sesuai salah satu program prioritas pemerintah saat ini. Untuk itu dalam pembangunan SDM Unggul memerlukan peran aktif dari unsur Tetra Helix yakni Akademisi, Industri, Pemerintah, dan Masyarakat.

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati dalam kesempatan tersebut menyatakan mendukung terhadap kegiatan ini. Pihaknya mewakili pemerintah, siap untuk ikut berkontribusi. Sehingga persoalan-persoalan yang dihadapi terkait pariwisata di Bali bisa dikurangi.

Menurut Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., program Tetra Helix forum ini merupakan program unggulan Presiden RI yang diterjemahkan oleh Kemendikbud dan Dirjen pendidikan Vokasi, yaitu membangun SDM unggul untuk Indonesia maju. Satu kunci untuk Indonesia maju kata dia, adalah SDM unggul.  “Empat komponen dasar untuk mewujudkan SDM unggul yaitu pemerintah, dunia industri, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat,” pungkasnya disela kegiatan.

See also  Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Selenggarakan Workshop tentang Wetlands and Food Waste

Lebih lanjut dikatakan Abdi, empat komponen ini akan disatukan dalam satu struktur yang akan diperkuat terus secara berkesinambungan. Sehingga membentuk komitmen yang kuat dalam rangka peningkatan sumber daya manusia. “Keempat komponen ini akan dimantapkan bersama Wakil Gubernur Bali  sekaligus sebagai ketua PHRI,” bebernya.

Dikatakannya, Politeknik Negeri Bali sebagai pendidikan vokasi sangat sukses menuangkan program pendidikannya. Hal itu dibuktikan dengan sudah mampunya PNB menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Bahkan 1 bulan sebelum diwisuda, 50 persen lebih lulusan sudah terserap dunia kerja. Tidak sampai disitu, Politeknik Negeri Bali juga mampu menjadi 10 terbaik dari 1128 Perguruan tinggi vokasi di Indonesia.

See also  Prodi TIP FTP Unud, Gelar PKM Inovasikan Tanaman Sebagai Pewarna Alami di Desa Tunjuk Tabanan

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. pada kesempatan tersebut menyampaikan, kebijakan pemerintah saat ini pada Perguruan tinggi tetap fokusnya pada pendidikan vokasi. Kebijakan terhadap pendidikan vokasi menurutnya ke depan akan dirancang terintegrasi. Mulai dari sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga program diploma satu dan diploma empat.

“Kemendikbud juga mempererat keterkaitan antara dunia akademik dengan industri. Sehingga mahasiswa bisa melakukan praktek dan mendapatkan materi-materi yang relevan dengan industri yang ada sekarang,” ucapnya.

See also  Sekda Jembrana Sebut Jalan Tol “Password” Pemajuan Pariwisata

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan ijin penyelenggaraan program D4 Akuntansi Perpajakan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. kepada Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom. (praw)

See also  PNB Sukses Gelar International Edu-Preneur Summer Course Program yang Diikuti 9 Negara

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *