Kaji Model Pemberdayaan Keluarga Dalam Pengelolaan Pasien Diabetes, Ni Wayan Trisnadewi Sukses Raih Gelar Doktor

 Kaji Model Pemberdayaan Keluarga Dalam Pengelolaan Pasien Diabetes, Ni Wayan Trisnadewi Sukses Raih Gelar Doktor

DENPASAR – Baliprawara.com

Ujian Promosi Doktor dengan promovenda Ns. Ni Wayan Trisnadewi, S.Kep.,M.Kes dengan judul disertasi “Pengembangan Model Pemberdayaan Keluarga dalam Manajemen Diabetes pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2”, berlangsung di ruang sidang Pascasarjana Lt III, Kamis (18/08/2022).

Ujian dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., dengan tim penguji Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., Dr.PH (Promotor), Dr. dr. Gde. Ngurah Indraguna Pinatih, M.Sc., Sp.KG (Kopromotor I), Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, M.Si (Kopromotor II).

Prevalensi global diabetes melitus tahun 2019 adalah 9,3% yang terjadi pada usia 20-79 tahun, Indonesia adalah negara peringkat keenam di dunia dengan jumlah penderita DM mencapai 10 juta dan prevalensi DM di Provinsi Bali tahun 2019 sebanyak 60,423 kasus. Sampai saat ini, manajemen diabetes masih belum maksimal dilaksanakan oleh pasien mengingat masih tingginya angka kejadian komplikasi diabetes.

Pemberdayaan keluarga merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan manajemen diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan manajemen diabetes, faktor penghambat dan pendukung manajemen diabetes, menyusun model edukasi berbasis keluarga dalam manajemen diabetes melalui uji pakar.

Penelitian ini menggunakan rancangan Mixed Methods dengan pendekatan Explanatory Sequential Design. Penelitian ini terdiri atas 3 tahap yakni penelitian cross-sectional, studi fenomenologi, penyusunan model dan uji pakar (Delphi Study) terhadap model. Responden dalam penelitian ini adalah pasien DM tipe 2. Penelitian dilaksanakan dari bulan September 2021-April 2022 di Kabupaten Gianyar.

See also  Musisi Nasional Serta Sederet Musisi Top Bali Siap Ramaikan Singaraja Fest 2023

 

Penelitian tahap pertama dengan jumlah sampel 207 orang, mendapatkan hasil tiga variabel secara statistik terbukti berhubungan dengan manajemen diabetes pada pasien DM tipe 2 yaitu pengetahuan pasien yang baik dengan nilai Adjusted OR 2,635 (95%CI 1,407-4,932), pemberdayaan unit keluarga yang baik dengan nilai Adjusted OR 3,636 (95%CI 1.943-6.803) dan persepsi pasien terhadap tidak adanya faktor risiko DM dengan nilai Adjusted OR 3,268 (95%CI 1,705-6,263).

Penelitian tahap kedua berhasil mewawancarai 15 pasien DM dan mendapatkan hasil bahwa keluarga mendukung secara instrumental dan informasional namun belum memberikan dukungan penilaian dan emosional demikian juga dengan pemberdayaan unit keluarga. Manajemen yang dilakukan partisipan berupa pengaturan pola makan, mengkonsusmsi obat dan melakukan olahraga. Pasien memiliki harapan kepada keluarga agar terlibat dalam diet dan pengobatan, berperan dalam membantu berobat serta berharap keluarga terlibat secara emosional dan spiritual dalam manajemen DM.

Penelitian tahap tiga menghasilkan modul manajemen diabetes berbasis keluarga. Modul manajemen diabetes berbasis keluarga yang baik mencakup aspek Self-Instructional, Self-Contained, Stand Alone, aspek Adaptive dan User Friendly. Modul ini diharapkan dapat meningkatkan manajemen diabetes bagi pasien dan keluarga sehingga komplikasi diabetes dapat dicegah dan kualitas hidup pasien meningkat.

Pada ujian kali ini Dr. Ns. Ni Wayan Trisnadewi, S.Kep.,M.Kes dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke-358 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat SANGAT MEMUASKAN. (MBP/Unud.ac.id)

tim redaksi

Related post