Luncurkan “Si Gembul”, Gibran Center Bali Siapkan Gebrakan Membantu Mensejahterakan Peternak Babi

 Luncurkan “Si Gembul”, Gibran Center Bali Siapkan Gebrakan Membantu Mensejahterakan Peternak Babi

Ketua DPW Gibran Center Bali, I Ketut Oka Mantara (kanan) didampingi Ketua DPD Gibran Center Gianyar, Nyoman Supartha.

DENPASAR – baliprawara.com

Gibran Center sebagai tim pemenangan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran di Bali, telah mempersiapkan program unggulan. Tidak hanya berjuang untuk memenangkan Prabowo-Gibran semata, namun gebrakan untuk kesejahteraan masyarakat bali dalam lima tahun kedepan, juga menjadi tujuan utama.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW Gibran Center Provinsi Bali, I Ketut Oka Mantara didampingi Ketua DPD Gibran Center Kabupaten Gianyar, Nyoman Supartha di Denpasar, Kamis 9 Mei 2024.

Adapun gebrakan yang dimaksud, ditujukan untuk membantu di bidang peternakan khususnya peternakan babi. Hal itu menurutnya karena banyak peternak babi yang mengalami kerugian, karena harga babi turun drastis. Sementara, harga pakan di pasaran terus melambung tinggi, belum lagi virus babi merajalela.

Untuk itulah, Gibran Center Bali ingin berada ditengah-tengah masyarakat, untuk ikut membantu. Karena apapun itu harus diwujudkan secara nyata terkait program Prabowo-Gibran yang tujuan akhirnya untuk mensejahterakan rakyat, yang diawali dengan kesejahteraan peternak babi. Sehingga melalui Gibran Center, ekonomi masyarakat bisa dibangkitkan melalui ternak babi.

Dipilihlah peternakan babi, karena UMKM masyarakat kecil di Bali lebih dominan beternak babi. Terlebih lagi, hasil survei di Indonesia menyebutkan, produksi babi terbesar ada di Bali.

Karena babi menjadi sumber pendapatan terbesar di Bali, maka Gibran Center hadir dengan fokus membantu peternak-peternak yang ada di Bali. “Saat ini, kebetulan di Kabupaten Gianyar, ada teman UKM menciptakan produk pakan, khususnya babi, mulai baru starter hingga finishing dengan harga kompetitif, jauh lebih murah dibandingkan dengan yang telah beredar di pasaran,” kata Oka Mantra.

Produk pakan ternak yang disebut Si Gembul, diklaim harganya lebih murah dan kompetitif, karena sifatnya semua sudah dalam bentuk butiran. Pakan ternak babi dan itik ini kata dia, 90 persen berbahan dasar organik.

See also  Menunjang Pencapaian IKU 4 dan IKU 7, Prodi TP Berkolaborasi dengan Praktisi pada Program Praktisi Mengajar Mata Kuliah Kewirausahaan

“Bahan baku utama itu adalah organik. dan tidak perlu lagi cari dedak dan lainnya, ini sudah jadi satu tinggal kita kasi makan babi. Kemungkinan dikasih pakan ini hingga 3,5 bulan sudah cukup dengan berat babi di angka 100 kg lebih atau 105 kg,” paparnya.

Program ini kata dia, didukung oleh pabrik kecil di Gianyar milik UKM yang sudah menghasilkan produk 1-2 ton per hari. Kedepannya, dengan makin dibutuhkan produk Si Gembul, kemungkinan dibutuhkan mesin-mesin yang lebih besar untuk menghasilkan lebih banyak lagi produk-produk dari pakan babi ini. “Saya harap kedepannya produk pakan babi ini, bisa digunakan oleh teman-teman peternak babi yang ada di Bali,” harapnya.

Selaku Ketua DPW Gibran Center Bali, Oka Mantara berupaya mengayomi program kerja DPD Gibran Center Gianyar, sehingga hal tersebut bisa disampaikan ke DPP Gibran Center. “DPP akan tanggap terhadap masalah apa yang ada dan dipersoalkan di Bali, itu akan diperbaiki oleh Gibran Center Bali,” ungkapnya.

Sementara itu, Nyoman Supartha selaku Ketua DPD Gibran Center Gianyar menyampaikan pakan babi Si Gembul ini, sebagai tonggak awal perjuangan Gibran Center, dalam mensejahterakan peternak yang ada di Bali. Disebutkan, keunggulan pakan Si Gembul ini jika dilihat dari sisi nutrisi, sudah memenuhi protein diatas 20 persen.

“Kemarin, pemilih Prabowo-Gibran lebih banyak peternak dan  petani, sehingga kami hadir untuk membantu mensejahterakan peternak dan petani. Kami pun sepakat untuk membuat sebuah produk itu namanya Si Gembul sebagai pakan ternak babi dan itik untuk saat ini yang bisa diproduksi dengan sehari 2 ton,” paparnya.

See also  FKP Unud Buka Pasar Ikan Digital Tokoikan.Id bagi UMKM Perikanan dan Kelautan

Terkait hasil panen nantinya, pihaknya akan siap menampung termasuk juga untuk bibit, juga sudah disiapkan cluster-cluster yang ada di peternak. Untuk membantu para peternak Bali di masing-masing kabupaten/ kota, Gibran Center akan membuat pabrik seluruh kabupaten/ kota se-Bali yang mampu memenuhi kebutuhan peternak Bali.

“Harapan kami Gibran Center bisa bersinergi dengan masyarakat dan juga bersinergi dengan produk-produk yang akan selalu di inovasikan oleh Gibran Center kedepan. Mungkin bukan hanya di pakan ternak saja, tapi banyak program yang sudah disiapkan pak Ketua  untuk Gibran Center kedepan,” tegasnya. (MBP)

 

redaksi

Related post