Optimis Pariwisata Bali Bangkit, Dua Kapal Pesiar Kembali Sandar di Benoa

 Optimis Pariwisata Bali Bangkit, Dua Kapal Pesiar Kembali Sandar di Benoa

Kapal MV Silver Muse, saat sandar di Pelabuhan Benoa, Jumat (24/2/2023).

DENPASAR – baliprawara.com

Dua kapal cruise yakni, MV Silver Muse dan MV Azamara Quest, bersandar di Dermaga Benoa Cruise Terminal, Jumat 24 Februari 2023. Kapal cruise Silver Muse ini, memiliki panjang (LOA) 213 meter, dengan berat 40.791 GT. Sedangkan, kapal cruise Azamara Quest memiliki panjang (LOA) 180 meter dengan berat 30.277 GT.

Kapal cruise Silver Muse yang dinahkodai oleh Kapten Thomas Piotr Kulas, sebelumnya berlayar dari Pulau Komodo, dan menuju Singapura dari Pelabuhan Benoa pada Sabtu 25 Februari 2023 pukul 00.00 WITA, dengan membawa 571 penumpang dan 391 awak kapal. Sedangkan Kapal cruise Azamara Quest, yang dinahkodai oleh Kapten Jonas  Magnus  Lyddby, datang dari Geraldton menuju ke Singapura dari Pelabuhan Benoa pada Jumat 24 Februari 2023, pukul 16.00 WITA. 

Kapal pesiar MV Azamara Quest bersandar di Pelabuhan Benoa Bali.

Wisatawan yang turun dari kedua kapal cruise tersebut, langsung disambut dengan tarian penyambutan khas Bali yaitu Tari Puspanjali, Tari Baris, Tari Panyembrama, dan Tari Cendrawasih serta diiringi alunan musik gamelan tradisional Bali. 

Para wisatawan yang melihat suguhan budaya khas Bali tersebut sangat berantusias melihat dan mengabadikan melalui foto dan video. Terdapat juga interaksi antara turis asing dan para penari saat melakukan foto bersama. 

CEO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, Ali Sodikin, mengungkapkan bahwa kedatangan kapal cruise Silver Muse dan Azamara Quest memiliki dampak yang baik terhadap perekonomian dan pariwisata Bali.

“Kedatangan kapal cruise ini memberikan efek besar terhadap perekonomian dari pariwisata Bali, terutama untuk UMKM karena adanya penjualan dari produk lokal seperti cinderamata khas Bali kepada para wisatawan yang datang,” ucap Ali.

See also  FKH Unud gelar Kuliah Tamu Hibah Pengabdian DIKTIRISTEK

Agen dari kedua kapal tersebut yaitu Ben Line Agencies atau PT Bahari Eka Nusantara, pihak agen rutin melakukan koordinasi dengan Pelabuhan Benoa dalam rangka memastikan kelancaran kegiatan kapal-kapal cruise selama bersandar di Pelabuhan Benoa.

Thomas Piotr Kulas selaku kapten kapal cruise Silver Muse, menyampaikan antusiasmenya saat bersandar di Pelabuhan Benoa. “We appreciate the services and facilities of Port of Benoa and we love to come back to Bali again,” kata Thomas. (MBP)

 

redaksi

Related post