Paskibraka Badung Studi Tiru ke Kota Bandung dan IPDN Jatinangor

 Paskibraka Badung Studi Tiru ke Kota Bandung dan IPDN Jatinangor

Studi tiru Paskibraka Badung ke Kota Bandung dan IPDN Jatinangor, Selasa 7 Mei 2024.

BANDUNG – baliprawara.com

Paskibraka Kabupaten Badung angkatan tahun 2023, mengikuti kegiatan studi tiru ke Kota Bandung sekaligus studi kepemimpinan dan wawasan kebangsaan di IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Selasa 7 Mei 2024. Rombongan yang terdiri dari 71 orang Paskibraka ini, dipimpin langsung Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Badung Drs. I Nyoman Suendi, bersama Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga I Gusti Made Dwipayana, Kabag Hukum I Nyoman Artaka, dan Kabag Tapem Made Surya Dharma.

Studi tiru ini, merupakan agenda untuk para anggota paskibraka, dalam pembentukan formasi penuh 1 Juni, dan dalam rangka studi lintas nusa, karena kota Bandung sudah diakui sebagai kota sejarah internasional, dan merupakan bagian dari matriks Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Hasil dari studi tiru ini, nantinya diharapkan dapat diterapkan pada Paskibraka di Kabupaten Badung.

Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung, Sony Teguh Prasetya. Dalam kesempatan itu Sony mengucapkan selamat datang kepada Jajaran Kesbangpol Kabupaten Badung dan Anggota Paskibraka yang telah datang. Pihaknya mengucapkan terimakasih telah memilih Paskibraka Bandung dalam studi tiru ini.

“Saya menaruh bangga kepada anggota Paskibraka di Indonesia, karena mereka ini terdidik dan terlatih dengan militansi yang tinggi,” kata Sony, di ruang Rosada, Balai Kota Bandung.

Sementara itu di Balairung Rudini IPDN Jatinangor, Wakil Kepala Satuan Bina Pelatihan, Heri Puluala mendampingi Rombongan Kesbangpol dan Paskibraka Kab Badung dalam sambutannya mengatakan selamat datang di Kampus IPDN sebagai sekolah tinggi kedinasan dalam naungan Kementerian Dalam Negeri. Ia menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya memilih kampus IPDN, dalam studi tiru. 

See also  Indonesia Bertutur 2022: 18 Koreografer Peserta Temu Seni Ikuti Sesi Lab Tari di Situs Gunung Kawi

Pihaknya berharap, nantinya peserta yang hadir, dapat mengemban pendidikan disini dan dapat memberikan motivasi yang besar. “IPDN merupakan sekolah boarding school yang memiliki pola pendidikan pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan. Yang mana, tiga pilar ini menjadi pondasi para peserta didik.di sini,” ujar Heri.

Kepala Badan Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi dalam kunjungan ini mengatakan apresiasinya atas penerimaan di kota kembang ini. Paskibraka angkatan 2023 ini, diberi nama, Gajah Mada 23. Kota Bandung menjadi fokus kegiatan studi tiru karena Bandung merupakan bagian sejarah bangsa dan dunia. “Karena ada gedung pertemuan Asia Afrika, perjuangan Bung Karno saat kuliah di Bandung, dan itulah kami membuat kajian untuk memilih bandung,” ucap Suendi.

Lebih lanjut dikatakan, kunjungan di IPDN Jatinangor ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para peserta Paskibraka Kabupaten Badung. Ini tentunya kata dia menjadi kebanggaan, karena bisa berkunjung ke IPDN. Tentu hal ini menjadi semangat bagi adik-adik paskibraka. “Maka dari itu, kami mendapat perintah agar dapat memfasilitasi adik-adik paskibraka di Badung untuk meningkatkan wawasan di IPDN Jatinangor,” terangnya. (MBP)

 

redaksi

Related post