Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi Peserta Didik Program Studi Spesialis FK Unud

 Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi Peserta Didik Program Studi Spesialis FK Unud

Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi bagi Peserta Didik Program Studi Spesialis FK Unud. (Foto: dok. Unud)

DENPASAR – Baliprawara.com

Unit Koordinasi Pelaksana Pendidikan Profesi (KP3) bersama Komite Koordinator Pendidikan (Komkordik) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana /RSUP Prof Ngoerah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi bagi Peserta Didik Program Studi Spesalis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana semester genap tahun ajaran 2022/2023, di ruang 4.01 dan 4.02 FK Udayana, pada tanggal 16 – 18 Januari 2023

Pelatihan ini bertujuan  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan 159 peserta didik baru dalam hal kegawatdaruratan sehingga dapat mengenali dan melakukan tatalaksana kegawatdaruratan secara komprehensif.

See also  FK Unud Raih Medali Emas Euroinvent 2022

Pertemuan pertama yang berlangsung tanggal 16 Januari 2023 ini dimulai dari registrasi pada pukul 07.30 – 08.00 WITA. Selanjutnya, ketua Unit KPPP FK Udayana sekaligus ketua panitia kegiatan ini, Dr. dr. Dyah Kanya Wati, Sp.A(K) memberikan pengarahan seputar kegiatan keterampilan klinik emergensi yang akan berlangsung selama 2 hari kedepan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian pretest. Adapun materi yang diberikan pada hari pertama ini, meliputi Manajemen Jalan Nafas dan Ventilasi Support; Monitoring Respirasi & Hemodinamik; Manajemen Syok Hipovolemik; Syok Septik dan Emergensi Akses Vaskuler; Manajemen Syok Anafilaktik dan Steven Johnson Syndrome; Manajemen Syok Kardiogenik/Cardiac Arrest dan materi terakhir mengenai Penurunan Kesadaran dan Penentuan Brain Death.

 

Kegiatan pemberian materi dilanjutkan di hari kedua pada tanggal 17 Januari 2023. Adapun materi yang diberikan meliputi Emergensi pada Gangguan Metabolisme/Endokrin; Emergensi Pada Penyakit Anak; Emergensi Pada Kasus Geriatri; Acute Kidney Injury; Emergensi Pada Kasus Keganasan dan Prosedur Akhir; Transfusi Darah dan Komponen Pada Penderita Perdarahan Akut dan Kronis; Peranan Endoskopi Pada Pasien Perdarahan Akut Saluran Cerna, dan Penanganan Nyeri (Pain). Materi terakhir dibahas mengenai Transportasi dan Evakuasi pada Musibah Masal serta Optimalisasi atau Stabilisasi Penderita Prabedah.

Secara umum, pembekalan hari pertama dan kedua yang diberikan oleh 18 dosen dan dikoordinatori oleh Dr.dr. I Putu Pramana Suarjaya, Sp.An, M.Kes. KMN.KNA dan I Kadek Saputra, M.Erg. Ners S.Kep dilaksanakan dengan lancar dan para peserta antusias dalam mengikuti kegiatan.

See also  Hotel Death Star, Duo Elektronik Asal Bali Persembahkan ‘Generation’

Agar dapat mengaplikasikan materi yang telah diberikan, pada hari ketiga dilakukan latihan keterampilan yang dilakukan di Gedung Cakra Vidya Usada Lantai 2 dan Lantai 3 FK Udayana dan dikoordinatori oleh dr. Pontisomayasa Parami, Sp.An, MARS.

Peserta dibagi menjadi 6 kelompok kecil yang akan dirotasi agar lebih intensif dalam mengaplikasikan ilmu yang diberikan. Pelatihan yang dilakukan oleh 11 dosen ini meliputi Manajemen Jalan Nafas, Manajemen Ventilasi Support dan Terapi Oksigen, Diagnostik Kardiovaskuler, Resusitasi Kardio Pulmocerebral, Akses Vaskuler, serta Stabilisasi dan Evakuasi.  (MBP/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait