Pertama di Bali, SMK Pariwisata Dalung Gunakan Aplikasi Untuk Ujian Sekolah

 Pertama di Bali, SMK Pariwisata Dalung Gunakan Aplikasi Untuk Ujian Sekolah

MANGUPURA – baliprawara.com

Berbeda dengan pelaksanaan Ujian sekolah yang sudah berlangsung, pelaksanaan Ujian Sekolah SMK Pariwisata Dalung kali ini mulai menggunakan konsep baru. Yakni dengan mengeluarkan aplikasi khusus yang bisa diunduh di play store, google play maupun appstore. Aplikasi ini dikenal dengan nama APPQUIZ SMKPDALUNG.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Pariwisata Bali Dwipa I Putu Gede Panca Wasidipa,SE selaku penggagas mengatakan, aplikasi ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, terutama di proses evaluasi pembelajaran. Bahkan aplikasi yang baru pertama kali di Bali ini, sudah mulai diterapkan penggunaanya sejak Senin, 2 Maret 2020. “Untuk pertama kalinya penggunaan aplikasi ini dalam Pelaksanaan Ujian Sekolah setelah sebelumnya aplikasi ini juga digunakan dalam Ulangan Tengah Semester maupun Ulangan Kenaikan Kelas (UKK),” bebernya saat memberikan keterangan, Selasa (3/3/2020).

 

Selain itu kata dia, sebelumnya juga beberapa kali telah dilaksanakan uji coba atau try out baik oleh guru maupun pada siswa. Penggunaan aplikasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ini kata Panca, selain merupakan bagian dari kesiapan SMK Pariwisata Dalung untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0 melalui digitalisasi dan system online, aplikasi ini juga mendukung program pemerintah. Terutama program ramah lingkungan, karena program ini paper less. Yang mana, sebelumnya evaluasi pembelajaran baik di tengah semester, akhir semester atau pun di akhir tahun ajaran, dilaksanakan dengan menggandakan naskah soal, atau foto copy soal.

“Melaui aplikasi ini, penggandaan naskah soal dapat di skip. Selain itu, proses koreksi, yang sebelumnya dilakukan secara komputerisasi dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang dikoreksi melalui scanner, dengan aplikasi ini sudah langsung bisa di lihat hasil dari jawaban siswa, karena sudah diprogram untuk langsung diperiksa dan mengeluarkan nilai,” bebernya.

See also  SISKAMLING Edukasi STT di Tabanan

Sementara, Kepala SMK Pariwisata Dalung, Ni Putu Trisnawati S.Pd., menambahkan, selain untuk evaluasi, digitalisasi juga senantiasa dikembangkan dalam bidang lain. Seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2020/2021 yang telah dibuka mulai Desember 2019 yang juga melayani pendaftaran via online. “Jadi calon siswa cukup membuka web sekolah, mengisi form pendaftaran dan menunggu telpon dari panitia untuk jadwal tes peminatan,” terangnya. (praw1)

See also  Kelola Keuangan, Unud ikuti BLU Talks dengan DJPb Provinsi Bali

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *