Rektor Undiksha Sebut Pemimpin Harus Punya Hati yang Hidup

 Rektor Undiksha Sebut Pemimpin Harus Punya Hati yang Hidup

SINGARAJA – baliprawara.com

Berbagai prestasi diraih Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di era kepemimpinan Rektor Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Prestasi tentu tidak datang sendiri, melainkan melalui kerja keras. Prof. Jampel punya kiat untuk itu.

Prof. Jampel bukan pemimpin baru di Undiksha. Pada 12 April 2019 lalu ia dilantik sebagai Rektor periode 2019-2023 oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. Mohamad Nasir. Pelantikan itu menandakan dimulainya periode kedua kepemimpinannya di Undiksha.

Berpengalaman satu periode tentu tidak serta merta membuat pekerjaannya makin mudah. Sebab, tantangan dunia pendidikan tinggi juga jauh semakin meningkat. Tentu dalam menghadapi dinamika tersebut, tenaga dan pikiran terkuras. Namun bagi Prof. Jampel, hal itu tidak dianggap sebagai sebuah beban. Sebab baginya menjadi pemimpin adalah sebuah amanah dan tidak kekal.

“Makanya pemimpin harus memiliki hati yang hidup, yaitu hati yang menjaga perbuatan dari dorongan yang tidak baik dan bertindak di atas semua golongan tanpa memandang asal-usul yang dipimpin,” katanya.

Menurutnya, seorang pemimpin dituntut untuk selalu kreatif, inovatif dan selalu mencari solusi dari permasalahan. Seorang pemimpin harus open-minded dan memiliki kemampuan untuk mendengar masukan-masukan dari seluruh kalangan yang dipimpin. “Prinsip-prinsip ini yang saya pegang sebagai pemimpin,” ungkapnya.

Komitmen Prof. Jampel untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lembaga tidak pernah putus. Bersama jajarannya, berbagai terobosan diambil sebagai upaya mempercepat mewujudkan visi universitas menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. Seperti halnya mendorong akreditasi program studi. Pada 2019, tercatat sudah ada 9 program studi terakreditasi unggul. Jumlah ini terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. (MBP2)

See also  Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL FK Unud Selenggarakan Lokakarya Kurikulum

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *