Rumah Sakit Unud Bekerja Sama dengan Tim Pengembang SITI Gelar FGD 

 Rumah Sakit Unud Bekerja Sama dengan Tim Pengembang SITI Gelar FGD 

Rumah Sakit Unud Bekerja Sama dengan Tim Pengembang SITI Gelar FGD. (unud.ac.id)

MANGUPURA- baliprawara.com

Tim Pengembang SITI bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Udayana, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada Hari Sabtu, 16 September 2023, bertempat di Arjuna Hall, The Cakra Hotel. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk mengembangkan program software dalam membantu deteksi dan diagnosa dini penyakit hepatitis yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara online.

 

Tema FGD yang diangkat yaitu mengenai “SITI (Online Self Diagnose-Hepatitis): Sosialisasi Layanan Online Self Diagnosa Hepatitis untuk  Masyarakat”. Pengembangan software ini penting untuk dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya deteksi dini dan memahami mengenai penanganan penyakit Hepatitis. 

 

Kegiatan dibuka oleh Ketua Peneliti I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T (Fakultas Teknik). Kegiatan FGD diikuti oleh perwakilan dari Rumah Sakit Udayana sebanyak tiga orang, perwakilan dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak satu orang, perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gianyar sebanyak satu orang serta mahasiswa dari Universitas Udayana (Unud) sebanyak empat orang. Kegiatan selanjutnya dilakukan diskusi internal yang diawali dengan pemaparan materi mengenai SITI: Online Self Diagnose-Hepatitis oleh Ketua Peneliti I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

 

Materi yang disampaikan oleh I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T (Fakultas Teknik) meliputi SITI (online Self Diagnose Hepatitis) yang merupakan software berbasis website yang dibuat berdasarkan sistem AI. Software ini diharapkan dapat sebagai media untuk deteksi dini penyakit hepatitis oleh masyarakat.

 

Setelah pemberian materi dilanjutkan pada diskusi internal antara tim peneliti dengan pihak Rumah Sakit Udayana. Topik yang didiskusikan adalah mengenai upaya penanganan penyakit hepatitis yang dilakukan oleh Rumah Sakit Udayana, kekurangan dan kelebihan software SITI, dan saran yang dapat diberikan untuk pengembangan software SITI. Sesi terakhir dilakukan demonstrasi mengenai mekanisme kerja software SITI yang disampaikan oleh anggota tim peneliti.

See also  Jegeg Bagus Udayana “Kawin Gelar” di Ajang Grand Final Pemilihan Teruna Teruni Denpasar 2023

 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka hibah penelitian Calon Perusahaan Pemula Udayana (CPPU) 2023 melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud). (MBP/unud.ac.id)

 

Redaksi 1

Related post