Sebanyak 30 Ribu Nakes di Bali, Prioritas Pertama Mendapat Vaksin Covid-19

 Sebanyak 30 Ribu Nakes di Bali, Prioritas Pertama Mendapat Vaksin Covid-19

DENPASAR – baliprawara.com

Kedatangan vaksin Covid-19, sudah ditunggu. Untuk tahap pertama, vaksin ini sudah mulai didistribusikan PT. Biofarma, Bandung, Minggu (3/1) ke 13 provinsi di Indonesia, termasuk Bali. Untuk Bali, mendapat bagian sebanyak 31.000 dosis vaksin yang diperkirakan tiba, Senin (4/1) malam. 

Terkait vaksin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, mengatakan, sebelum didistribusikan, akan dilakukan pengujian terlebih dahulu oleh Badan POM. “Vaksin ini akan diterima dan disimpan di ruang penyimpanan vaksin (cold room) Dinas Kesehatan Provinsi Bali sebelum di distribusikan ke seluruh Kabupaten/ Kota di Bali. Pendistribusian ke Kabupaten/Kota menunggu keputusan dari BPOM pusat,” katanya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut kata Suarjaya, tenaga kesehatan (Nakes) di baris terdepan akan menjadi sasaran vaksin tahap pertama ini. Adapun jumlah Nakes di Bali berjumlah 30.320 orang. Dengan rincian sebagai, Kabupaten Jembrana sebanyak 1.533 orang, Kabupaten Tabanan sebanyak 3.118 orang, Kabupaten Badung sebanyak 5.551 orang, Kabupaten Gianyar sebanyak 3.134 orang, Kabupaten Klungkung sebanyak 1.691 orang, Kabupaten Bangli sebanyak 1.246 orang, Kabupaten Karangasem sebanyak 1.074 orang, Kabupaten Buleleng sebanyak 3.590 orang, Kota Denpasar sebanyak 9.383 orang. 

Selain Cold Room, Dinkes Provinsi Bali juga siapkan alat penyimpanan bernama Refrigerator untuk mengantisipasi jumlah vaksin yang datang, namun penyimpanan vaksin Covid-19 dengan Refrigerator ini akan disesuaikan dengan vaksinnya. Sebelum kedatangan vaksin, pihak BPOM Denpasar sempat melakukan pengecekan kesiapan cool room milik dinas Kesehatan Bali. (MBP1)

See also  Pemprov Bali Matikan Layanan Data Seluler dan IPTV, Dukung Pelaksanaan Nyepi Berjalan kondusif, Aman dan Nyaman

prawarautama

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *