Terjebak Air Laut Pasang di Pantai Nunggalan, Evakuasi 2 WNA Melewati Medan Ekstrim

 Terjebak Air Laut Pasang di Pantai Nunggalan, Evakuasi 2 WNA Melewati Medan Ekstrim

Dua WNA terjebak di pantai Nunggalan, berhasil dievakuasi.

MANGUPURA – baliprawara.com

Dua orang warga negara asing (WNA), terjebak air laut pasang di Pantai Nunggalan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Senin 23 Januari 2023. Kedua WNA asal Russia, dengan inisial GX perempuan usia 25 tahun, dan IK Laki-laki usia 25 tahun, berusaha bertahan dengan berlindung pada batu yang tinggi. 

Dari informasi yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), kejadian diperkirakan sekitar pukul 21.00 Wita. “Kami Terima info pada pukul 23.00 Wita dari teman korban, yang meminta bantuan evakuasi, ” kata Gede Darmada, S.E., M.A.P., Kepala Kantor Basarnas Bali, Selasa 24 Januari 2023.

Menindaklanjuti laporan tersebut, sebanyak 7 orang personil Basarnas, bergerak menuju Pantai Nunggalan. Menurut Koordinator lapangan, Gede Suastra, proses evakuasi harus melewati medan yang ekstrim. Yang mana, akses menuju korban, harus melewati jalan setapak di pinggir tebing dan selanjutnya berenang. “Kami meminta korban untuk berenang dengan pelampung agar bisa naik ke atas melalui jalan setapak,” terangnya. 

Proses mereka naik hingga sampai ke atas, membutuhkan waktu kurang lebih selama 40 menit dengan cahaya terbatas. “Tak banyak orang umum yang mengetahui akses jalan setapak tersebut, kami mengetahuinya setelah berkoordinasi dengan security hotel seputaran Pantai tersebut,” tutur Suastra. 

Operasi SAR selesai dilaksanakan pada Selasa 24 Januari 2023, pukul 00.46 Wita. Seluruh korban dalam keadaan selamat. Unsur SAR yang terlibat selama proses evakuasi diantaranya Basarnas Bali, Ditsamapta Polda Bali, Linmas Pecatu, Pecalang Desa Pecatu dan masyarakat setempat.  (MBP).

 

See also  Kembali Bertambah, Pasien Positif Covid-19 di Bali Kini Menjadi 49 Orang

Berita Terkait