Wabup Suiasa Tinjau Pembangunan RS Abiansemal

 Wabup Suiasa Tinjau Pembangunan RS Abiansemal

Wabup Badung, I Ketut Suiasa, saat meninjau proye pembangunan RS Abiansemal Tipe C, Jumat 17 November 2023.

MANGUPURA – baliprawara.com 

Wakil Bupati (Wabup) Badung, I Ketut Suiasa, meninjau proyek fisik pembangunan Rumah Sakit (RS) Abiansemal Tipe C yang berlokasi di Puskesmas Abiansemal 1, Desa Blahkiuh, Jumat 17 November 2023. Dalam peninjauan tersebut, Wabup. Suiasa didampingi Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan IB Gede Arjana, Kabag Pembangunan A. A. Putri Mas Agung, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Dewa Sudirawan serta Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa. Di lokasi, Wabup. Suiasa diterima Konsultan Pengawasan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta langsung meninjau rehab Gedung A yang sebelumnya merupakan gedung utama puskesmas Abiansemal 1 dan pekerjaan gedung C (Management) yang ada di belakang gedung utama. 

Pekerjaan rehab Gedung A dan pembangunan Gedung C RS Abiansemal ini dengan nilai kontrak fisik sebesar Rp 21,6 M lebih bersumber dari APBD TA 2023. Waktu pengerjaan selama 105 hari kalender, mulai 14 September hingga 27 Desember 2023. Dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. Pandu Jaya Karya, dengan Konsultan Pengawasan PT. Dimensi Ronakon KSO Bina Bwana Wisesa.

Ditemui usai meninjau proyek, Wabup. Suiasa menerangkan bahwa peninjauan proyek ini bagian dari pengawasan baik itu dari segi fisik, kualitas maupun progres pengerjaannya. Dikatakan, sebelumnya tempat ini merupakan puskesmas induk di kecamatan Abiansemal dan sekarang dikembangkan dan ditingkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit Tipe C. 

“Mengingat kegiatan akan selesai di Desember 2023 ini, maka perlu dilakukan pengawasan yang lebih intensif mulai dari progres fisik, kualitas dan tentunya administrasi. Dari apa yang kita lihat masih banyak hal yang perlu dikerjakan, karena sisa waktu lagi 1 bulan lebih hingga Desember, untuk itu harus dilakukan upaya upaya percepatan,” jelas Suiasa.

See also  Wabup Suiasa Terima Audiensi Praja IPDN

Ditambahkannya, bila nanti pekerjaan fisik tidak mencapai target, maka harus melakukan penyesuaian-penyesuaian segera yang sifatnya administratif, jika diperlukan adanya adendum-adendum kontrak dan lainnya agar dimitigasi serta mencarikan solusi penyelesaiannya. Sehingga fasilitas publik di sektor kesehatan ini bisa cepat beroperasi. “Dari kunjungan ini nanti kita akan koordinasi lagi dengan seluruh tim termasuk pelaksana dan pengawas untuk merumuskan kembali apa yang dilakukan guna mempercepat pembangunan RS Abiansemal,” tambahnya. 

Setelah mendampingi Wabup meninjau pembangunan RS Abiansemal, pimpinan perangkat daerah terkait juga meninjau beberapa pembangunan fisik yang bersumber dari APBD TA  2023. Seperti pembangunan Sanggar Pendidikan Non Formal, Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Badung di Kuta Utara, Pembangunan Gedung Hanggar Pengelolaan Sampah di TPST Mengwitani, Pembangunan Rumah Sakit Petang dan Penataan Lapangan Desa Pelaga, Kecamatan Petang. (MBP)

 

redaksi

Related post