Dilantik Sebagai Direktur PNB Periode 2022-2026, Nyoman Abdi Akan Fokuskan Peningkatan Kualitas Daya Saing

 Dilantik Sebagai Direktur PNB Periode 2022-2026, Nyoman Abdi Akan Fokuskan Peningkatan Kualitas Daya Saing

Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom (kanan) saat dilantik oleh (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

JAKARTA – baliprawara.com

I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., secara resmi dilantik sebagai Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) Periode 2022-2026, Kamis (8/9), bersama dengan pelantikan sejumlah pimpinan perguruan tinggi dan kepala balai. Pelantikan dilakukan langsung  oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., langsung di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta. 

Usai pelantikan, Menteri Nadiem menyampaikan ucapan selamat Kepada pejabat yang dilantik. Pihaknya berharap kepada pejabat yang dilantik, agar kedepankan selalu mengedepankan prinsip gotong royong di lingkungan Kemendikbud ristek, serta menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak agar bersama-sama bisa mewujudkan Merdeka belajar bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, sebanyak 22 episode merdeka belajar, telah diluncurkan sampai saat ini. Semua itu kata dia adalah hasil gotong royong dari banyak pihak, baik kerjasama dalam internal Kemendikbud maupun kolaborasi antara lembaga dan institusi lainnya. Melalui prinsip gotong royong itu pula, dirinya akan terus dilakukan berbagai terobosan untuk melanjutkan proses transformasi dunia pendidikan ke jenjang selanjutnya. “Oleh karena itu upacara pelantikan pada hari ini merupakan salah satu langkah nyata untuk semakin memperkuat kerjasama antar berbagai pihak sehingga cita-cita kita dalam melahirkan sumber daya manusia yang unggul berlandaskan karakter profil pelajar Pancasila bisa terwujud,” ucapnya.

 

Dikonfirmasi usai pelantikan, Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., menyampaikan sejumlah target jangka pendek dan jangka panjang untuk kemajuan lembaga yang dipimpinnya. Untuk target jangka pendek, pihaknya menyampaikan akan terus meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dengan penambahan Jumlah prodi, penambahan kelas kerjasama, peningkatan kualitas kerjasama nasional dan Internasional, peningkatan kualitas Sistem Penjaminan Mutu Internal.

See also  Melalui Dies Natalis ke XXXIII, PNB Berkomitmen Perkuat Kemitraan untuk Penguatan SDM 

Sementara, untuk target jangka panjang, yakni penguatan Pusat unggulan Teknologi Green Tourism dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga PNB punya keunggulan komparatif dan sekaligus keunggulan kompetitif dalam skala internasional. “Ini semua dilakukan untuk peningkatan kualitas daya saing PNB, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tegasnya.

Untuk diketahui, Nyoman Abdi, sebelumnya kembali terpilih untuk memimpin PNB periode kedua, setelah unggul mutlak pada pemilihan yang digelar Kamis 14 Juli 2022, yang dipusatkan di gedung widya guna kampus PNB. Proses pemilihan yang telah berjalan dengan demokratis tersebut, berhasil memilih incumbent I Nyoman Abdi SE, M.eCOM., sebagai Direktur, dengan jumlah suara mutlak sebanyak 45 suara mengalahkan 2 calon lainnya, yakni :  IGNB Caturbawa, ST.,M.Kom.  dengan 1 suara, dan IDMC Santosa, ST., M.Sc. PhD., dengan 0 suara. 

Sebelumnya, tahapan awal pemilihan telah dimulai pada tanggal 12 Maret 2022, yang dilanjutkan dengan tahap sosialisasi, tahap penjaringan bakal calon Direktur. Dari tahapan tersebut, pada Senin 4 April 2022, telah diselenggarakan rapat senat pleno, dengan agenda penetapan 4 Bakal Calon (Balon) Direktur Politeknik Negeri Bali Periode 2022-2026. Dari keempat bakal calon Direktur yang telah ditetapkan yakni : I Nyoman Abdi, SE.,M.eCom., I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, ST.,M.Kom., I Dewa Made Cipta Santosa, ST.,M.Sc.,Ph.D. I Made Sura Ambara Jaya, SE.,MMA.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi yang akhirnya, mengerucut menjadi 3 calon direktur pada 19 April 2022 yaitu : I Nyoman Abdi, SE.,M.eCom., I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, ST.,M.Kom., I Dewa Made Cipta Santosa, ST.,M.Sc.,Ph.D. (MBP)

See also  Jurusan Akuntansi PNB Gelar Webinar Nasional, Bahas Terkait Insentif Pajak

 

redaksi

Related post