Siapkan Rescuer Handal, Basarnas Bali Gelar Pelatihan Scuba Diving Open Water

 Siapkan Rescuer Handal, Basarnas Bali Gelar Pelatihan Scuba Diving Open Water

Sejumlah rescuer dari Basarnas Bali, mengikuti pelatihan scuba diving open water, Selasa (27/9).

AMLAPURA – baliprawara.com

Bali yang menjadi kawasan pariwisata, banyak memiliki bentang pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Tak jarang dari mereka, memilih untuk menikmati wisata air maupun hanya sekedar berenang.

Namun, seperti diketahui, potensi kejadian membahayakan, sering terjadi di kawasan perairan. Hal ini pun membuat Basarnas Bali selama ini selaku badan pertolongan, lebih banyak melakukan penanganan penyelamatan di wilayah perairan. 

Oleh sebab itulah, kesiapan dan kemampuan personel Basarnas dalam memberikan pelayanan untuk melakukan evakuasi, sangat dibutuhkan. Tak hanya itu, berkaitan dengan peralatan dan prosedur kerja juga menjadi penting. 

Dalam hal ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali), menggelar pelatihan scuba diving open water kepada 17 orang rescuer Basarnas pada Selasa 27 September 2022. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan sumber daya manusia khususnya rescuer agar mampu memberikan pelayanan jasa SAR secara profesional dan mandiri khususnya teknik pertolongan di kedalaman air. 

 

“Dilatarbelakangi tersebut, diperlukan kesiapan personil, peralatan dan prosedur kerja yang baik. Maka dari itu penting untuk dilaksanakan kegiatan peningkatan dan pengembangan kompetensi rescuer berupa pelatihan scuba diving open water,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada,S.E.,M.A.P., yang dibacakan Kasi Sumber Daya, Moch. Adip, disela pembukaan kegiatan. 

Memang diakuinya, kejadian yang sering ditangani oleh Basarnas Bali selama ini, rata-rata terjadi di wilayah perairan. Dilatarbelakangi tersebut maka diperlukan kesiapan personil, peralatan dan prosedur kerja yang baik. “Maka dari itu penting untuk dilaksanakan kegiatan peningkatan dan pengembangan kompetensi rescuer berupa pelatihan scuba diving open water, ” terangnya. 

See also  Banggakan Indonesia, Pebalap Astra Honda Fadillah Arbi Debut di GP Mandalika

Basarnas Bali menggandeng PT. Gandamayu Blue Water sebagai instruktur yang sudah berkompeten di bidang scuba diving open water. “Metode pembelajaran akan dilaksanakan secara blanded learning yang dilakukan secara penuh penyedia dan terdiri dari metode ceramah, demonstrasi dan simulasi,” tutupnya. 

Kegiatan rencananya akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27 hingga 29 September 2022 bertempat di Pos SAR Karangasem dan Pantai Tulamben. Harapannya seluruh peserta mampu mengikuti seluruh kegiatan hingga selesai sehingga sasaran kegiatan dapat tercapai dengan baik. (MBP)

 

redaksi

Related post